Pj Wako Payakumbuh, Jasman, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Punya Peran Dalam Membangun Daerah

Pj Wako Payakumbuh, Jasman, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang Punya Peran Dalam Membangun Daerah

TOPSUMBAR – Niniak Mamak dan Bundo Kandung berperan penting mendukung Pemerintah Daerah dalam merencanakan pembangunan Nagari.

Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman mengungkapkan hal tersebut saat membuka Musrenbang di Kecamatan Payakumbuh Utara, Jumat, 2 Februari 2024.

“Kita telah terlena pada pembangunan fisik, tanpa memperhatikan pembangunan jiwa, tentu dapat merugikan masa depan negeri.” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Jasman menekankan pentingnya peran Niniak Mamak dan Bundo Kanduang dalam pembangunan mental dan karakter di Payakumbuh.

“Pembangunan tidak hanya fisik, tetapi mental juga krusial, terutama untuk generasi muda di era teknologi 4.0. Pembinaan mental perlu dilakukan sejak dini.” ujarnya.

“Untuk itu, tingkatkan program pemberdayaan, peningkatan kapasitas, dan keagamaan sebagai dukungan dalam pembangunan.” tambahnya.

Menurutnya, untuk mensukseskan perencanaan pembangunan di suatu daerah, perlu memahami karakter daerah melalui pengamatan dan kajian sebelumnya.

“Musrenbang ini harus berlandaskan data, lalu fokus pada sektor yang dominan, contohnya pertanian, guna kemajuan daerah.” pungkasnya.

Camat Payakumbuh Utara, Jhonny Parlin, mengharapkan usulan pada Musrenbang 2025 tidak hanya terfokus pada fisik, tetapi juga mendukung pemberdayaan.

Dalam kegiatan tersebut, ditetapkan 5 usulan prioritas dari setiap kelurahan, dan diharapkan dapat mendorong kemajuan daerah tersebut.

Musrenbang Payakumbuh Utara dihadiri anggota DPRD, kepala OPD, Forkopimca Latina, lurah, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, perwakilan pemuda, dan undangan lainnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait