Pemerintah akan Terima 250 Ribu PNS untuk IKN, ASN dari Jakarta Jadi Pindah ?

TOPSUMBAR – Pemerintah baru saja mengumumkan lowongan kerja bagi CPNS 2024 dengan jumlah formasi mencapai 2,3 juta.

Terbaru, ada pula rencana pengumuman penerimaan 250 ribu CPNS untuk penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menanggapi hal itu, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengaku baru mengetahuinya dari media.

“Penerimaan PNS untuk IKN ini belum pernah dikomunikasikan oleh pemerintah kepada kami di DPR,” Kata Guspardi saat dimintai keterangannya, Senin (5/2/2024).

“Apakah penerimaan 250 ribu PNS yang akan diproyeksikan mengisi formasi PNS di IKN merupakan bagian dari penerimaan 2,3 juta formasi CPNS yang diumumkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, atau bagian terpisah. Untuk lebih jelasnya detail penerimaan CPNS untuk IKN ini, tentunya akan di pertanyakan  pada saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian PAN-RB mendatang,” ungkap Legislator asal Sumatera Barat ini

Politikus PAN yang kembali maju sebagai caleg DPR RI dapil Sumbar 2 no urut 2 itu berpendapat, pengumuman penerimaan CPNS di IKN itu bisa jadi bagian rencana dari Kemen PAN-RB yang sudah  dikalkulasikan bersama kementerian dan lembaga terkait. Hanya saja, perlu perhitungan yang cermat,  jangan sampai penerimaan CPNS untuk IKN ini malah menimbulkan persoalan baru di kemudian hari.

“Jika CPNS khusus IKN yang diterima pada 2024 ini belum terpetakan secara detail pekerjaan dan penempatan pada instansi/ lembaga mana, maka ini akan menimbulkan masalah baru. Dan akan berpotensi terjadinya duplikasi formasi PNS, namun fungsinya tidak optimal, dan itu mesti dipertimbangkan dengan matang,” ulas Pak Gaus ini.

Apalagi, sebelumnya Pemerintah kerap menggembar-gemborkan akan memindahkan PNS di Jakarta ke IKN, terutama yang bertugas di kementeran/lembaga.

“Kapan tahapan pindahnya? Jadi atau tidak? Apakah tidak memadai ASN dari Jakarta untuk ditempatkan di IKN? Semuanya perlu perencanaan yang terukur dengan perhitungan yang tepat dan cermat,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa sebanyak 3.246 aparatur sipil negara (ASN) di Jakarta mulai menjalani proses pindah ke IKN pada Juli 2024.

“ASN yang pindah pertama nanti dari 37 kementerian/lembaga. Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka,” ujar Abdullah Azwar Anas dilansir dari laman Kementerian PAN-RB pertengahan Desember 2023 lalu.

(AL)

Pos terkait