Peluncuran Panel MRSA Berbasis Molekuler, Gubernur dan Menkes RI Dukung Inovasi di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Peluncuran Panel MRSA Berbasis Molekuler, Gubernur dan Menkes RI Dukung Inovasi di RSUP Dr. M. Djamil Padang

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, mendampingi Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, dalam kunjungan kerja sehari di Kota Padang.

Salah satu titik fokus utama kunjungan ini adalah peluncuran Panel Deteksi Cepat Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) berbasis Molekuler di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang.

Menurut Menkes Budi, transformasi sektor kesehatan menjadi hal yang krusial untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. Serta meraih visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, ia menekankan perlunya upaya pencegahan penyakit dengan meningkatkan kualitas layanan kesehatan di semua tingkatan, termasuk Puskesmas dan rumah sakit.

Pentingnya panel deteksi cepat MRSA berbasis molekuler juga diungkapkan oleh Menkes, karena sering kali penyakit menjadi penyebab kematian akibat terlambat dideteksi.

Panel ini diharapkan dapat mendeteksi bakteri yang resisten terhadap antibiotik dengan cepat dan akurat, sehingga penanganan medis dapat dilakukan lebih efektif.

Gubernur Mahyeldi menyambut baik peluncuran panel pada Jumat, 23 Februari 2024 tersebut.

Ia mengapresiasi kerja sama antara RSUP Dr. M. Djamil, RS Universitas Andalas (Unand), dan PT Crown Technology Indonesia (CTI) di bawah kepemimpinan Dr. Andani Eka Putra.

Ia menegaskan komitmen Pemprov Sumbar dalam mendukung inovasi di sektor kesehatan.

Selain itu, Gubernur turut berterima kasih kepada Kementerian Kesehatan atas arahan dan bantuan dalam transformasi kesehatan di Sumbar.

Setelah peluncuran panel, Gubernur Mahyeldi dan Menkes Budi melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas dan laboratorium pendidikan dan kesehatan di Kota Padang.

Sejumlah Rumah Sakit seperti RSUP Dr. M. Djamil, Poltekes Padang, dan RSUD Rasidin Padang.

Kunjungan kerja Menkes ini juga turut hadir beberapa pejabat penting, antara lain Rektor Unand, Wali Kota Padang, Dekan FK Unand, serta sejumlah direktur rumah sakit dan kepala dinas kesehatan setempat.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait