Gubernur Sumatera Barat, Menyambut Baik Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi dari KemenPANRB

Gubernur Sumatera Barat, Menyambut Baik Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi dari KemenPANRB

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyambut baik hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) Pemprov Sumbar Tahun 2023 dari Kementerian PANRB.

Dengan perolehan nilai mencapai 76,25, Pemprov Sumbar meraih predikat “sangat baik,” dan melampaui target 70,01.

Gubernur Mahyeldi turut mengapresiasi ASN Pemprov Sumbar atas peningkatan kualitas kinerja dan layanan hingga saat ini.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, hasil evaluasi dari Kementarian PANRB, Pemprov Sumbar berhasil melampaui target pada tahun ini. Dibanding tahun sebelumnya, tahun ini kita meningkat sebanyak 6,47 poin,” ucap Gubernur di Padang pada Selasa, 13 Februari 2024.

Meskipun mendapat predikat baik, Gubernur menegaskan perlunya terus berbenah dan meningkatkan kinerja.

“Capaian ini tentu sangat membanggakan, namun kita perlu meningkatkan lagi kinerja dengan lebih baik. Kita harus terus berbenah untuk pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Kepala Biro Organisasi Sumbar, Fitriati, akan menindaklanjuti rekomendasi Kementerian PANRB melalui Rencana Aksi RB.

Ia menambahkan, pada pertengahan Februari, akan dilaksanakan bimbingan teknis untuk penyusunan rencana aksi RB General dan Tematik Tahun 2024.

“Kita akan mengadakan bimbingan teknis penyusunan rencana aksi RB General dan Tematik di Sumbar. Kita akan mendatangkan KemenPANRB yang akan diadakan pertengahan Februari ini,” ungkapnya.

Selain di Provinsi, Kementerian PANRB turut menilai capaian untuk Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Berdasarkan hasil tersebut, terdapat lima kabupaten/kota meraih nilai BB, delapan kabupaten/kota mendapat nilai B, dan enam mendapat nilai CC.

Reformasi Birokrasi merupakan upaya pemerintah dalam mencapai good governance yang mencakup aspek kelembagaan, pelaksanaan, serta SDM aparatur.

Evaluasi KemenPANRB tahun 2023 lebih fokus pada indeks dampak kinerja dibandingkan dengan sisi proses yang cenderung administratif.

Dengan capaian yang luar biasa ini, dapat memotivasi Daerah lainnya dalam pencapaian good governance, serta mampu meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

(Adpsb/busan)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait