Transformasi Perpustakaan Dharmasraya, Sebuah Inovasi untuk Kesejahteraan Masyarakat

TOPSUMBAR – Pada hari Minggu, 7 Januari 2024, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dengan sukacita meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Dharmasraya.

Peresmian berlangsung di Sport Center Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Pariyanto, Sekda Adlisman, Plt Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca yang mewakili Kepala Perpustakaan Nasional RI, Supriyanto, serta Forkopimda dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan rasa syukurnya karena peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah ini bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Dharmasraya yang ke-20.

Bacaan Lainnya

Bupati juga mengungkapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI atas bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 8,7 miliar yang telah dialokasikan untuk pembangunan gedung ini pada akhir tahun 2023.

Selain itu, Bupati memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh jajaran Dianas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dharmasraya, stakeholder terkait, pihak ketiga pelaksana pekerjaan, dan konsultan pengawas yang telah berperan dalam menyelesaikan pembangunan gedung perpustakaan ini.

Bupati juga menyambut baik kehadiran Plt. Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca sebagai perwakilan dari Kepala Perpustakaan Nasional RI.

Ia berharap kehadiran tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan dan motivasi bagi aparatur bidang perpustakaan dalam mengoptimalkan fungsi gedung dan sarana penunjangnya.

Dalam konteks era digital saat ini, Bupati menekankan bahwa perpustakaan tidak lagi hanya sebagai tempat membaca buku, melainkan sebagai pusat interaksi masyarakat.

Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan daya tarik lebih bagi masyarakat Dharmasraya, menjadi pusat inklusi sosial yang tidak hanya meminjam dan membaca buku tetapi juga sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat yang produktif, inovatif, dan menarik.

Bupati berharap gedung perpustakaan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat, minat baca, dan literasi di Kabupaten Dharmasraya.

Ia juga mengajak stakeholder terkait untuk memanfaatkan gedung perpustakaan sebagai wadah berbagi pengalaman, belajar kontekstual, dan berlatih keterampilan, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat setempat.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait