Prestasi Gemilang, Pemko Payakumbuh Puncaki Nilai Indeks Integritas di Sumbar Tahun 2023

Prestasi Gemilang, Pemko Payakumbuh Puncaki Nilai Indeks Integritas di Sumbar Tahun 2023

TOPSUMBAR – Pada Jumat, 26 Januari 2024, Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, mengumumkan peningkatan indeks integritas Pemko Payakumbuh.

Dalam survei KPK, Payakumbuh meraih nilai tertinggi di Sumatra Barat dengan skor 78,30 di tahun 2023, meningkat dari 75,05 pada 2022.

Survey Penilaian Integritas (SPI) adalah survei untuk mengukur tingkat risiko korupsi di kementerian, lembaga, hingga Pemerintah Daerah.

Bacaan Lainnya

SPI bertujuan meningkatkan kesadaran risiko korupsi dan memberikan perbaikan sistem anti-korupsi secara sistematis dengan melalui survei.

KPK akan mengumpulkan pendapat internal dan eksternal, termasuk pegawai, penerima layanan, pakar, auditor, dan pemangku kepentingan.

Berdasarkan pelaksaan penilaian tersebut, KPK resmi merilis hasil SPI tahun 2023 di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Jasman menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi ini dan mengajak semua jajaran untuk terus bekerja keras meningkatkan kinerjanya.

Ia menekankan bahwa hasil tersebut menjadi tanggung jawab moral untuk menjaga integritas dan mendorong peningkatan pelayanan publik.

“Indeks Integritas tinggi menunjukkan sistem pencegahan korupsi dan pelayanan publik telah optimal.” kata Jasman.

“Hasil itulah landasan utama meningkatkan upaya pencegahan korupsi, disesuaikan dengan karakteristik OPD di Pemko Payakumbuh.” tambahnya.

Secara terpisah, Inspektur Kota Payakumbuh, Andri Narwan, menekankan penilaian berdasarkan persepsi dan pengalaman pemangku kepentingan.

Penilaian tersebut mencakup budaya organisasi, sistem anti-korupsi, SDM, dan pengelolaan anggaran.

“Penilaian melibatkan budaya organisasi, sistem anti-korupsi, SDM, dan pengelolaan anggaran di setiap instansi.” ungkapnya.

Andri menjelaskan bahwa Hasil survei dinyatakan dalam skala 1-100.

Semakin tinggi angka integritas instansi, semakin baik sistem mendeteksi dan menangani risiko serta tindak pidana korupsi.

Pemerintah Kota Payakumbuh mencapai indeks integritas 78,30 pada 2023 dari skala 0-100.

Dapat dikatakan, integritas Pemko Payakumbuh semakin baik dan potensi korupsi semakin diminimalisir.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait