Gubernur Sumbar Salurkan Bantuan Pangan untuk Korban Banjir di Nagari Pangkalan

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah kepada warga terdampak banjir dan longsor di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota pada Rabu 10 Januari 2024.

Bantuan yang diserahkan sebanyak 47,3 Ton dari total 480 Ton cadangan pangan pemerintah di Dinas Pangan Provinsi Sumbar.

Gubernur Mahyeldi berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di daerah bencana.

Bacaan Lainnya

Selain Nagari Pangkalan, bantuan serupa juga telah disalurkan ke Kabupaten Dharmasraya dan Agam. Mahyeldi menegaskan perlunya evaluasi bersama terkait bencana ini, mengingat geografis Nagari Pangkalan dan dilema terkait pengaturan debit air bendungan PLTA Koto Panjang.

Kepala Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri, menyatakan bahwa bantuan ini merespons permohonan Bupati Limapuluh Kota. Dari 10.512 warga terdampak, masing-masing menerima 4,5 Kilogram beras.

Warga yang hadir berharap solusi untuk mengatasi masalah banjir. Gubernur menyebut perlunya rapat komprehensif untuk mencari solusi bersama dengan pihak terkait.

Hadir pula Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim, Forkopimda Kabupaten Limapuluh Kota, camat, wali nagari, kepala puskesmas, dan tokoh masyarakat setempat.

(adpsb/busan)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Pos terkait