10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang

10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang. (Foto : Dok. Istimewa)
10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang. (Foto : Dok. Istimewa)

4. Gunung Padang

Gunung Padang bukan hanya destinasi alam, tetapi juga menyimpan sejarah masa penjajahan Jepang.

Di sini, Topers dapat menemukan bunker, dua benteng pertahanan, dan meriam yang dibangun sekitar tahun 1942-1945.

Benteng pertama, Pilboks, dan benteng kedua, BOW, dapat ditemukan di seberang selatan muara Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Bacaan Lainnya

5. Lubang Jepang

Lubang Jepang, atau Lobang Jepang, adalah terowongan perlindungan dengan panjang sekitar 1.400 meter yang dibangun pada masa pendudukan Jepang tahun 1942.

Terletak di Kota Bukittinggi, lubang ini digunakan sebagai basis pertahanan militer dan dibangun dengan kerja paksa oleh rakyat Indonesia.

6. Tugu Gempa Padang

Tugu Gempa Padang adalah salah satu bangunan bersejarah yang didirikan untuk mengenang kejadian memilukan akibat gempa bumi pada 30 September 2009.

Resmi diresmikan pada 30 September 2010, tugu ini menjadi lambang kesedihan dengan gambar dua mata menangis.

Topers dapat menemukan tugu ini di Jalan Khairil Anwar, Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

7. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman, yang terletak di Jalan Diponegoro No.10, Belakang Tangsi, Kota Padang, adalah tempat yang wajib dikunjungi.

Dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada 16 Maret 1977, museum ini dinamai sesuai dengan Raja Pagaruyung abad ke-14, Adityawarman.

Museum Adityawarman dikenal sebagai “Taman Mini”-nya Kota Padang dan menyimpan benda-benda bersejarah, arsip, dokumen, serta kebudayaan Minangkabau yang sangat berharga.

Pos terkait