10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang

10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang. (Foto : Dok. Istimewa)
10 Tempat Bersejarah yang Bikin Mata Terbelalak! Jangan Lewatkan Petualangan Seru Ini Bareng Orang Tersayang. (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat, dengan daya tarik Ranah Minang yang memukau, telah menjadi tujuan favorit para topers di Indonesia.

Keindahan alam, cita rasa kuliner, warisan budaya, dan bangunan-bangunan bersejarah membuat Sumatera Barat menjadi tempat yang sangat diminati.

Bagi Toper yang tertarik dengan jejak sejarah, berikut adalah sepuluh tempat topers yang sebaiknya masuk dalam daftar kunjungan Topers bersama orang terkasih.

Bacaan Lainnya

1. Gevangenis Van Fort De Kock

Gevangenis Van Fort De Kock adalah bekas penjara yang terletak di pusat Kota Bukittinggi. Dibangun pada tahun 1860 oleh Belanda, penjara ini menjadi saksi bisu kerja paksa pada masa penjajahan.

Meskipun tidak lagi berfungsi sebagai penjara, kita masih dapat melihat bagian depannya yang dulunya difungsikan sebagai kantor dan bagian belakang sebagai tempat narapidana.

2. SMP Negeri 1 Padang

SMP Negeri 1 Padang menjadi saksi perjuangan pendidikan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama, Bung Hatta, di tanah kelahirannya.

Bangunan ini memiliki sejarah panjang, dari masa penjajahan Belanda hingga pasca-Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Terletak di Jalan Jendral Sudirma, bangunan ini masih digunakan sebagai tempat proses belajar mengajar hingga saat ini.

3. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Replika museum rumah kelahiran Bung Hatta merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan.

Dibangun kembali pada tahun 1994 setelah runtuh pada tahun 1960-an, museum ini diresmikan pada 12 Agustus 1995.

Terletak di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 37, Bukittinggi, museum ini menyajikan sejarah hidup Bung Hatta dengan peralatan rumah tangga dan foto-foto masa kecilnya.

Pos terkait