Sumbar Bersatu di Aksi Bela Palestina, Kemanusiaan Sebagai Prioritas Utama

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, bersama puluhan ribu warga Sumbar, kembali menegaskan dukungan mereka terhadap Palestina dan mengutuk keras agresi militer Israel di Jalur Gaza.

Pernyataan ini disampaikan saat Aksi Bela Palestina yang melibatkan aksi longmarch dari Masjid Raya Sumbar menuju Kantor Gubernur pada Minggu 3 Desember 2023.

Dalam pernyataannya, Gubernur Mahyeldi menyoroti komitmen kuat Sumbar dalam mendukung kemerdekaan Palestina. “Pada setiap kesempatan, kita selalu menyuarakan dukungan kepada Palestina. Hari ini, bersama warga, kita melakukan longmarch sebagai bentuk penolakan terhadap kekejaman militer Israel. Kami berkomitmen untuk terus menyuarakan kemerdekaan Palestina,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur juga mengingatkan hubungan sejarah antara Indonesia dan Palestina, di mana Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Oleh karena itu, baik Indonesia maupun Sumbar secara khusus, menegaskan bahwa mereka tidak akan pernah membuka hubungan kerja sama dengan Israel dalam bentuk apa pun.

“Kami sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat Sumbar, sekitar 300 LSM, dan para perantau yang turut serta dalam aksi kita hari ini. Sebelumnya, Alhamdulillah kita telah mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza senilai Rp2,7 miliar, hasil dari sumbangan seluruh pegawai Pemprov Sumbar bersama masyarakat,” tambahnya.

Mahyeldi berharap bahwa donasi dari Sumbar dapat memberikan bantuan signifikan dan meringankan beban yang dirasakan oleh warga Palestina.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa kepada Allah SWT agar warga Palestina senantiasa diberi perlindungan. “Mari terus mendoakan saudara-saudara kita di Palestina,” ucapnya lagi.

Pendapat serupa disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Hansastri, yang menegaskan bahwa seluruh ASN Sumbar sepakat untuk terus mendukung perjuangan warga Palestina melalui penghimpunan donasi yang akan terus dilakukan.

“Seluruh ASN dan masyarakat Sumbar bersatu untuk Palestina, sebagai tindakan kemanusiaan karena Allah SWT. Kami selalu siap mendukung dan membantu warga Palestina. Sebelumnya, kami telah mengajak seluruh ASN untuk berdonasi, menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam mendukung Palestina,” tutur Hansastri.

(adpsb/nov)

 

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait