Sekdaprov Sumbar Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu, Suara Anda, Suara Demokrasi!

TOPSUMBAR – Sekdaprov Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar), Hansastri, mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam Pemilu 2024 dengan memanfaatkan hak pilih mereka.

Imbauan ini disampaikan dalam acara Sosialisasi Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024 dan Pagelaran Seni dan Budaya di GOR Agus Salim Padang, Sabtu 9 Desember 2023.

Hansastri menekankan pentingnya menggunakan hak pilih dengan penuh tanggung jawab, termasuk dalam pemilihan Presiden, Gubernur, Legislatif, dan Bupati/Wali Kota.

Bacaan Lainnya

Ia menyampaikan keprihatinannya terhadap potensi peningkatan golongan putih (golput) jika sosialisasi yang memadai tidak dilakukan.

Oleh karena itu, Hansastri berharap agar KPU Sumbar dapat secara efektif menyosialisasikan informasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya partisipasi dalam demokrasi.

“Dengan total pemilih di Sumbar mencapai 4.088.606 orang menurut data KPU, kita berharap agar seluruh warga dapat berpartisipasi aktif tanpa ada yang golput. Visi kita adalah melihat pemilu yang berlangsung dengan martabat dan budaya, yang ditandai oleh pelaksanaan yang damai dan penuh kegembiraan,” ucap Hansastri.

Hansastri juga mengingatkan bahwa perbedaan pendapat dalam memilih pemimpin adalah suatu hal yang wajar. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa perbedaan tersebut tidak seharusnya menjadi sumber perpecahan.

Ia menekankan perlunya perhatian dan komitmen bersama dari semua pihak, termasuk penyelenggara pemilu, aparat penegak hukum, partai politik, dan masyarakat.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, menjelaskan bahwa Pemilihan Umum Serentak tahun 2024 akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Pada tanggal tersebut, masyarakat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, serta DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Surya juga menyoroti bahwa daftar pemilih tetap (DPT) di Sumbar mencapai 4.088.606 orang, dengan pemilih muda mencapai 58,7 persen atau sekitar 2.400.072 orang.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait