Polda Sumbar Luncurkan Program Inovasi Digital Jago Solok Selatan, Apa itu?

Kapolda Sumbar dan Kapolres Solok Selatan meresmikan program Jago Solok Selatan. Foto: Dok. Istimewa.

TOPSUMBAR – Irjenpol Suharyono, Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), secara resmi meluncurkan Program Inovasi Berbasis Digital “Jago Solok Selatan”.

Program ini diinisiasi oleh Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara.

Peluncuran ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

Acara peluncuran berlangsung pada Senin, 4 Desember 2023.

Selain peluncuran program inovatif, Irjenpol Suharyono juga meresmikan penggunaan Gedung Sarja Arya Racana di lingkungan Markas Polres (Mapolres) Solok Selatan.

Dalam sambutannya, Irjenpol Suharyono menyatakan bahwa program kreatif berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sudah menjadi hal umum di lingkungan kepolisian, ini termasuk pendayagunaan aparatur kepolisian dalam mengadopsi teknologi digital.

“Digitalisasi ini sudah diterapkan di seluruh unsur kepolisian di berbagai satuan, dan salah satunya kita resmikan hari ini di wilayah hukum Polres Solok Selatan,” ujar Irjenpol Suharyono.

Irjenpol Suharyono menambahkan bahwa tujuan dari program ini tidak hanya meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tetapi juga untuk memberikan layanan yang cepat dan optimal, respons cepat terhadap laporan dan pengaduan, serta respons terhadap kejadian dan upaya pencegahan.

Program ini, katanya, menghubungkan personel staf dengan yang berada di lapangan selama patroli.

Hal ini memungkinkan patroli kepolisian memberikan rasa aman kepada masyarakat 24 jam sehari dengan pengawasan menggunakan peralatan digital.

“Saya sudah mencoba berkomunikasi dengan rekan-rekan di setiap Polsek serta mereka yang berpatroli di lapangan, baik di lalu lintas maupun Sabhara, dan peralatan ini sudah berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Diketahui bahwa Program Inovasi Berbasis Digital “Jago Solok Selatan” yang diinisiasi oleh Kapolres Solok Selatan, AKBP Arief Mukti Surya Adhi Sabhara, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Program ini melibatkan National Traffic Management Center (NTMC), di mana Polres Solok Selatan telah memasang kamera pengawas di pusat ibukota Solok Selatan, Padang Aro, RTH Muara Labuh, serta dash camera di beberapa kendaraan operasional polres yang akan berpatroli.

(KMS)P

Pos terkait