Pentingnya Kepemimpinan Bijaksana, Gubernur Mahyeldi Hadiri Acara Batagak Panghulu Nagari Maek

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo, turut menghadiri acara Penobatan Rajo Nan Baduo dan Batagak Pangulu Nagari Maek di Kabupaten Lima Puluh Kota pada Sabtu 9 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menegaskan peran penting seorang penghulu dalam konteks masyarakat Minangkabau.

Beliau menyampaikan bahwa mengemban gelar adat sebagai Datuak atau Penghulu bukanlah tugas yang ringan, melibatkan tanggung jawab besar dalam mengurus anak kemenakan, kaum, hingga masyarakat.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi berharap agar momen Penobatan Rajo Nan Baduo dan Batagak Pangulu Nagari Maek menjadi kesempatan untuk memahami dengan lebih mendalam peran yang dimainkan oleh seorang panghulu yang memegang gelar Datuak.

Beliau juga menyoroti peran penting Rajo dan Pangulu sebagai pemimpin tertinggi dalam sebuah kaum, serta menekankan signifikansi Kerapatan Adat Nagari (KAN) sebagai lembaga musyawarah dan mufakat dalam penyelesaian masalah adat di nagari.

Gubernur Mahyeldi meyakini bahwa kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada seorang Rajo dan Pangulu tidak terjadi begitu saja, melainkan muncul karena harapan dan kepercayaan yang ditempatkan oleh masyarakat.

Beliau menekankan pentingnya ketaatan anak kemenakan dan kaum terhadap pemimpin mereka, serta aturan adat, syarak, dan etika dalam kehidupan bermasyarakat.

Lebih lanjut, Gubernur Mahyeldi meyakini bahwa pemahaman yang kuat terhadap peran Datuak atau Penghulu akan membawa kepada lahirnya kepemimpinan yang bijaksana, mendukung solidaritas masyarakat nagari, dan menghadirkan kemajuan dalam pemanfaatan potensi yang dimiliki.

Dalam rangkaian acara tersebut, selain penobatan Rajo Nan Baduo, juga diselenggarakan palewaan gala datuak untuk 24 orang Datuak, termasuk Datuak Bandaro Garang, Datuak Bandaro Hijau, Datuak Gonjong, Datuak Majo Bosa, E. Datuak Rajo Imbang, Datuak Sati, M. Datuak Majo Sinaro, Datuak Malintang, hingga Datuak Sinaro Sati.

Tak hanya itu, juga diberikan penghargaan kepada Datuak Mangkuto, M. Datuak Gindo Lelo, Datuak Pado Lobia, Datuak Nan Tunggang Batua, Datuak Pangka Sati, S. Datuak Komo, Datuak Hijau, Datuak Siagar, D. Datuak Bosa, S. Datuak Marajo, S. Datuak Sri, N. Datuak Tunggang, N. Datuak Sutan Bagindo Rajo, dan Datuak Sinaro.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait