Penghargaan dan Motivasi, Penyuluh Pertanian Berprestasi di Sumbar

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memainkan peran penting sebagai pembina dalam gelaran Apel Siaga Penyuluh Pertanian 2023, yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispentahor) Sumbar di Halaman Kantor Gubernur pada Sabtu 9 Desember 2023.

Dalam pidatonya, Gubernur Mahyeldi mengajak para penyuluh pertanian untuk terus memberikan motivasi kepada petani guna meningkatkan produksi pertanian di daerah.

“Apel Siaga ini menjadi forum yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran bersama mengenai betapa krusialnya peran penyuluhan pertanian. Saya mengimbau kepada Kepala OPD di Pemprov dan Kabupaten/Kota untuk memberikan dukungan penuh kepada para penyuluh pertanian, karena mereka memiliki peran kunci dalam memotivasi dan meningkatkan keterampilan petani,” ungkap Gubernur Mahyeldi.

Bacaan Lainnya

Beliau juga mengingatkan bahwa sebagian besar penduduk Sumbar bergantung pada sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan secara ekonomi.

Data BPS Sumbar 2023 menunjukkan bahwa kontribusi sektor ini mencapai 21,20 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Sumbar.

“Kami menanggapi potensi sektor pertanian yang begitu dominan ini dengan mengalokasikan 10 persen dari anggaran untuk pertanian. Oleh karena itu, kami mendesak para penyuluh untuk terus mendukung peningkatan kualitas pertanian di Sumbar melalui upaya penyuluhan demi peningkatan produksi,” harapnya.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas upaya pembinaan kelembagaan petani yang telah dilakukan oleh para penyuluh pertanian.

Menurut data SIMLUHTAN, jumlah kelembagaan petani yang dibina langsung oleh penyuluh saat ini mencapai 22.147 Kelompok Tani, 1.318 Gabungan Kelompok Tani, dan 310 Kelembagaan Kelompok Tani.

“Dengan adanya gabungan dan kelompok tani, semoga dapat menjadi wadah pembinaan Penyuluh Pertanian yang dilakukan secara langsung untuk menentukan keberhasilan pembangunan pertanian di Sumbar,” tambah Gubernur.

Pada acara tersebut, Gubernur memberikan penghargaan kepada Penyuluh Pertanian Pegawai Negeri Sipil (PNS) Teladan, Penyuluh Pertanian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Teladan (PPPK), Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, Petani Berprestasi, Balai Penyuluhan Kecamatan Berprestasi, Gapoktan Berprestasi, dan Kelembagaan Ekonomi Petani Berprestasi Sumbar 2023.

Hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto, Kepala BPPSDMP Kementan RI Dedi Nursyamsi, Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Sumbar, unsur Kepala Dinas Pertanian, dan Dinas terkait lainnya tingkat kabupaten/kota, Asosiasi Petani Milenial, Forum P4S se-Sumbar, serta peserta apel Penyuluh Pertanian dari 19 Kab/Kota se-Sumbar.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait