Padang Panjang Kembali Raih IGA Award, Kategori Kota Sangat Inovatif

TOPSUMBAR – Kota Padang Panjang kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA), kategori Kota Sangat Inovatif.

Ini adalah penghargaan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut diraih kota Padang Panjang.

Penghargaan tersebut diterima Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah hari ini kita kembali menerima penghargaan IGA kategori Kota Sangat Inovatif,,” ujar Sonny usai menerima penghargaan yang diserahkan Asisten Deputi Bidang Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Molly Prabawati, dikutip dari siaran pers Diskominfo Padang Panjang, Rabu (13/12/2023).

Dikatakan Sonny, penghargaan ini menjadi bukti dari kinerja Pemko Padang Panjang khususnya semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melahirkan inovasi yang sangat bermanfaat bagi kinerja ASN dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Penghargaan ini, kita dapatkan berkat pencapaian Pemko menghadirkan berbagai inovasi dalam IGA yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri,” sebutnya.

Dengan diraihnya prestasi ini, Sonny berharap kepada jajaran OPD untuk tetap membuktikan diri dan tidak cepat berpuas diri. Jadikan momentum ini sebagai pemacu semangat dalam bekerja dan menghadirkan inovasi yang lebih banyak dan lebih baik lagi dari ini.

“Kita tidak boleh lengah dan jangan berpuas diri untuk penghargaan ini. Kalau bisa kita tingkatkan lagi. Mari kita sama-sama mewujudkan ini,” ajaknya.

Sementara itu Kepala Bappeda, Rusdianto, SIP, M.M menyampaikan, pada IGA 2023 ini Padang Panjang melaporkan 55 inovasi melalui aplikasi Indeks Inovasi Daerah Kemendagri yang berasal dari OPD.

Kategori yang didapat Padang Panjang kali ini adalah yang tertinggi dengan rentang nilai 60-100.

“Alhamdulillah kita bisa meraih kategori tertinggi di IGA kali ini dengan 55 inovasi. Ini berkat dukungan dan pengawalan penuh dari Pj Wali Kota. Sehingga kami di jajaran OPD mampu menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan ASN di Kota Padang Panjang,” tuturnya.

Kabid Penelitian dan Pengembangan pada Bappeda kota Padang Panjang, Januardi, S.S, M.Si, menambahkan, berdasarkan hasil penghitungan nilai aplikasi dan validasi akhir oleh tim penilai yang berasal dari unsur akademisi, praktisi, dan Kementerian, Padang Panjang mendapatkan hasil yang sangat baik.

Diungkapkannya, ada beberapa inovasi unggulan yang dilaporkan pada IGA tahun ini. Di antaranya, Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (Paduko), Setelah Melangsungkan Akad, Semua Dokumen Langsung Dibawa (Selalu Samawa) dari Dinas Dukcapil.

Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pajak Bumi dan Bangunan (ASIG PBB) oleh BPKD, dan Library Edukasi Entertainment (Libdutainment) dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Selain itu, sebutnya ada Smart Water Management System V.2 oleh Perumdam Tirta Serambi yang merupakan inovasi unggulan 2021 yang telah dikembangkan dan disempurnakan.

“Ada juga Siramah (Sistem Informasi Antar Obat Sampai Rumah ) oleh RSUD dan Bapak Ibu Asuh Anak Stunting (Basunting) oleh Dinsos PPKBPPPA,” jelasnya

Penghargaan IGA 2023, diserahkan kepada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 kategori. Di antaranya Provinsi Terinovatif, Kabupaten Terinovatif, Daerah Tertinggal Terinovatif, Daerah Perbatasan Terinovatif.

Kategori selanjutnya yaitu, Provinsi Sangat Inovatif, Kabupaten Sangat Inovatif, Kota Sangat Inovatif, Pemerintah Daerah (Pemda) dengan Indeks Regional Tertinggi dan Pemda Pengirim Inovasi Daerah Tercepat.

(AL)

Pos terkait