Mahyeldi Ansharullah Apresiasi Program SID, Langkah Menuju Pemerintahan Digital di Sumbar

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, memberikan apresiasi terhadap inisiatif Forum Wali Nagari (Forwana), Bank Indonesia Perwakilan Sumbar, DPMD Sumbar, dan Harian Haluan dalam merancang program Sistem Informasi Desa (SID).

Menurut Gubernur Mahyeldi, sementara data terkait potensi, rencana, dan perkembangan pembangunan sudah tersedia, belum tersaji secara digital.

Oleh karena itu, OPD terkait sedang fokus untuk memperbaiki hal tersebut dengan mendorong optimalisasi program SID.

Bacaan Lainnya

“SID ini, jika dikelola dengan baik, akan menjadi solusi untuk kebutuhan informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan di tingkat nagari bagi masyarakat luas,” ungkap Mahyeldi dalam acara Sarasehan Seminar Wali Nagari di Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumbar pada Selasa 12 Desember 2023.

Gubernur Mahyeldi menilai bahwa keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan saat ini merupakan kebutuhan masyarakat luas dan sejalan dengan semangat Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menjadi yang terdepan dalam pelayanan dan keterbukaan informasi publik di Indonesia.

“Pemberian pelayanan prima kepada masyarakat adalah tanggung jawab utama setiap instansi pemerintah, oleh karena itu, ini harus menjadi perhatian serius pada setiap instansi,” tegas Mahyeldi.

Pimpinan Umum Harian Haluan, Zul Effendi, menyambut baik inisiatif tersebut dan menyatakan kesiapan untuk membantu nagari dalam menyajikan informasi terkait program dan kegiatan pemerintahan.

Menurutnya, informasi terkait jalannya roda pemerintahan tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat lokal tetapi juga oleh perantau dan pihak lainnya.

“Kami siap membantu nagari agar lebih terampil dalam menyajikan informasi terkait program dan kegiatan pemerintahan di masing-masing nagari,” kata Zul Effendi.

Ketua Forwana Sumbar, Zul Arifin, berharap peserta sarasehan yang telah mengikuti pelatihan Jurnalistik Nagari dapat menggunakan keterampilan mereka untuk menulis, menganalisis, dan melaporkan peristiwa kepada masyarakat melalui media massa.

Dia juga menekankan pentingnya memeriksa keautentikan informasi dan melakukan wawancara kepada narasumber kompeten untuk memastikan keakuratan informasi yang disampaikan kepada publik.

“Sarasehan adalah kesempatan berharga bagi Forwana Sumbar karena merupakan kolaborasi dengan Bank Indonesia yang sangat menghargai peran Nagari,” tambahnya.

Dengan demikian, diharapkan kegiatan sarasehan ini, sebagai tindak lanjut dari pelatihan jurnalistik nagari, dapat menjadi solusi dan memberikan dukungan serta sentuhan langsung kepada para wali nagari dari berbagai pihak.

(adpsb/isq/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait