Kisah Sukses Pemprov Sumbar, Gubernur Mahyeldi Terima Penghargaan AMP dari KI

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meraih Anugerah Achievement Motivation Person (AMP) sebagai Tokoh Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Penghargaan prestisius ini diberikan dalam rangka Malam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2023, yang diselenggarakan di ZHM Premiere Hotel Padang pada Kamis 21 Desember 2023.

Prestasi ini diperoleh Gubernur Mahyeldi berkat kepemimpinannya yang sukses membawa Pemprov Sumbar meraih Predikat Provinsi Informatif dari KI Pusat pada Selasa 19 Desember 2023 lalu, serta dedikasinya dalam mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

Bacaan Lainnya

Dengan rasa syukur, Gubernur Mahyeldi menyatakan, “Penghargaan ini adalah hasil kolaborasi semua pihak di lingkup Pemprov Sumbar, yang bersama-sama berkomitmen memberikan akses keterbukaan informasi kepada masyarakat.”

Beliau menekankan bahwa kesuksesan ini tak lepas dari dukungan serta kinerja luar biasa seluruh badan publik dan PPID di Pemprov Sumbar, juga usaha serta kerja keras KI Sumbar dalam mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Sumbar.

‚ÄúPemprov Sumbar terus meneguhkan komitmennya terhadap keterbukaan informasi. Hal ini terbukti dengan menjadikan indeks keterbukaan informasi publik sebagai salah satu indikator penilaian kinerja Badan Publik di lingkup Pemprov Sumbar. Penilaian ini merupakan program strategis untuk memastikan kepatuhan badan publik dalam menerapkan keterbukaan informasi publik di Sumbar,” ungkapnya.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, menyebutkan bahwa prestasi Provinsi Sumbar meraih predikat informatif tidak terlepas dari komitmen Gubernur Mahyeldi terhadap pentingnya keterbukaan informasi.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumbar Tahun 2023 diadakan sebagai bentuk apresiasi KI kepada Badan Publik di Sumbar yang berkomitmen terhadap keterbukaan informasi publik.

“Sebelumnya, kami telah melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan keterbukaan informasi publik oleh badan publik di Sumbar. Dimulai dari pelaksanaan Bimtek, pengisian kuesioner, visitasi kuesioner, hingga presentasi serta uji publik pada badan publik,” terangnya.

Selain Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Anugerah AMP juga diterima oleh Komisioner KI Sumbar dua periode, Adrian Tuswandi; Bupati Tanah Datar Eka Putra; Ketua Peradi Sumbar Miko Kamal; dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang 2022-2023, Pelmizar.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Pesisir Selatan, Mawardi Roska; Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Ampera; Direktur LBH Padang, Indira Suryani; Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim; dan Kepala MAN 2 Pesisir Selatan, Ahmad Asdi, juga turut menerima penghargaan.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait