Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Laut pada Peringatan Hari Nusantara

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan harapannya agar semua kalangan masyarakat terus termotivasi untuk menjaga kebersihan laut dari sampah.

Pernyataan ini disampaikannya saat menghadiri aksi Bersih Pantai dalam rangka memperingati Hari Nusantara di pelataran Masjid Al Hakim Pantai Padang pada Rabu 27 Desember 2023.

“Hari Nusantara menjadi kesempatan untuk merayakan negeri kita sebagai negara maritim. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan momen ini untuk memperkuat pemahaman bahwa kehidupan kita sangat tergantung pada laut. Laut tidak hanya menyediakan kebutuhan kita di darat, tetapi juga menjadi tanggung jawab kita untuk menjaganya,” ungkap Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi menekankan pentingnya menjaga laut, terutama karena tujuh kabupaten/kota di Sumbar berada di sepanjang pantai.

Ini menjadi tanggung jawab bersama, melibatkan pemerintah daerah, TNI, Polairud, lembaga swasta, dan masyarakat umum. Laut, lanjutnya, seringkali menjadi tempat pelanggaran aturan, termasuk pencemaran lingkungan.

“Laut bukanlah tempat yang seharusnya digunakan untuk membuang sampah dari darat. Peringatan Hari Nusantara ini seharusnya menjadi pemicu bagi kita semua untuk terus menjaga kebersihan laut dan pantai,” tambah Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat (DKP Sumbar), Reti Wafda, menjelaskan bahwa Hari Nusantara diperingati setiap tanggal 13 Desember, merujuk pada Deklarasi Djuanda yang menetapkan bahwa perairan di sekitar, antara, dan menghubungkan pulau-pulau di daratan NKRI adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah yurisdiksi Indonesia.

“Peringatan Hari Nusantara ini selalu diisi dengan aksi bersih pantai untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut. Pada kesempatan ini, Gubernur Sumatera Barat juga memberikan hadiah umrah kepada Bapak Abadi sebagai pengumpul sampah terbanyak sepanjang tahun 2023, yang berhasil mengumpulkan lebih dari tujuh ribu kilogram sampah,” tutur Reti.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait