DPRD Padang Umumkan Tiga Kandidat Calon Pejabat Walikota, Siapa yang Bakal Pimpin Padang?

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang secara resmi mengajukan tiga nama sebagai calon Pejabat Walikota (Pj) Padang pada Senin, 4 Desember 2023.

Pengumuman ini dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi, SH., setelah melaksanakan rapat pimpinan dengan Ketua Fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang.

“Kami telah melaksanakan rapat pimpinan yang melibatkan Ketua Fraksi-fraksi. Dalam kesimpulan rapat tersebut, setiap fraksi diminta untuk mengusulkan nama-nama calon Pj Walikota Padang,” ungkap Syafrial Kani.

Bacaan Lainnya

Syafrial Kani menambahkan bahwa setiap fraksi diminta untuk menyerahkan usulannya paling lambat pada Senin, 4 Desember 2023, pukul 10.00 WIB. Ia menyatakan kegembiraannya karena usulan dari fraksi-fraksi telah diterima tepat waktu.

Menurut Syafrial Kani, terdapat tiga nama yang diusulkan oleh fraksi-fraksi di DPRD Kota Padang sebagai calon Pj Walikota Padang. Ketiga nama tersebut adalah:

  1. DR. H. Andree Harmadi Algamar, SSTP, M. Si, M. Han., yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang.
  2. Rosail Akhyari Pardomuan, SSTP, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Barat.
  3. H. Hendrizal Azhar, SH., yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Padang.

Syafrial Kani menjelaskan bahwa rapat pimpinan tersebut diadakan sebagai tanggapan terhadap surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ia menekankan bahwa pengusulan tiga nama calon tersebut sesuai dengan kewenangan DPRD berdasarkan regulasi yang berlaku.

“Nama-nama yang diusulkan langsung kami serahkan ke Kemendagri. Kami berharap keputusan dapat keluar dalam waktu dekat, mengingat masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota berakhir pada 31 Desember 2023. Oleh karena itu, per 1 Januari 2024, diharapkan sudah ada Pj Walikota Padang,” tandasnya.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait