60 Peserta Sukses Lulus Kursus Bahasa dan Budaya Korea di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Sebanyak 60 peserta Kursus Bahasa dan Budaya Korea, hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Provinsi Jeollabuk-do, Korea Selatan, telah menyelesaikan pembelajaran selama 3 bulan sejak Agustus 2023 dengan nilai baik.

Keberhasilan ini diumumkan setelah evaluasi dari Jeonbuk International Cooperation Agency (JBICA) menyatakan bahwa mereka telah menguasai kemampuan dasar berbahasa Korea.

Pernyataan tersebut diungkapkan pada acara Closing Ceremony Saemangeum Hangeul Hakdang Indonesia di SMKN 2 Padang pada hari Kamis.

Bacaan Lainnya

Kursus ini merupakan bagian dari kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumbar dan Provinsi Jeollabuk-do.

Doni Rahmat Samulo, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumbar, menjelaskan bahwa kursus Bahasa Korea menjadi salah satu poin penting dalam Letter Of Intent (LOI) kerjasama Sister Province.

LOI ini ditandatangani oleh Gubernur Mahyeldi pada 17 Februari 2023. Meskipun baru satu poin yang terwujud, Doni optimistis bahwa poin kerjasama lainnya akan segera diimplementasikan karena peserta telah memperoleh kemampuan dasar berbahasa Korea.

Dalam sambutannya secara virtual, President of Jeonbuk International Cooperation Agency, Daesik Kim, menyambut positif pencapaian lulusan pertama dari kursus Bahasa Korea di Sumbar.

Ia berharap kerjasama antarprovinsi ini dapat terus dipererat untuk meningkatkan minat dan pemahaman tentang Jeollabuk-do.

Upacara penutupan juga diramaikan oleh penampilan budaya dari Sumbar dan Jeollabuk-do. Tutorial make up K-Beauty yang dipraktikkan langsung oleh make-up artist Korea, Oh Yunbin, turut menarik perhatian terutama kaum wanita.

Suasana Korea semakin terasa dengan sebagian peserta dan tamu yang memakai Hanbok, busana tradisional Korea.

Kursus Bahasa Korea ini diharapkan menjadi tonggak awal dari berbagai kerjasama masa depan, termasuk magang ASN di Korea, magang lulusan SMK di Korea, dan berbagai bentuk kerjasama terkait pariwisata.

Meski baru satu poin yang terealisasi, semangat dan optimisme tetap berkobar untuk mewujudkan kerjasama-karjasama lainnya di masa mendatang.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait