Delegasi Rakornas Geopark Indonesia 2023 Karyawisata ke Air Terjun Batang Taye Sijunjung, Begini Kesan Pejabat Bappenas

TOPSUMBAR –  Delegasi rapat koordinasi nasional (Rakornas) Geopark Indonesia 2023 di Sijunjung melakukan karyawisata (field trip, red) ke air terjun Batang Taye, pada Selasa (21/11/2023).

Field Trip ke air terjun Batang Taye yang diikuti 30 peserta itu, mendapat kesan dari salah seorang peserta yang juga pejabat di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI.

“Ternyata potensi Batang Taye sangat bagus, bahkan sudah ada jalan beton menuju air terjun,” ungkap Eddy Satriya.

Eddy Satriya adalah salah seorang pejabat Bappenas yang sudah keduakalinya mengunjungi Geopark Silokek, Sijunjung.

Kunjungan pertamanya dilakukan pada tanggal 05 Juni 2022 lalu, dalam acara reuni akbar lintas angkatan alumni SMAN 1 Bukittinggi.

Saat itu, Eddy mencanangkan Perkampungan Madu Galo-Galo di Rest Area Silokek bersama Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir.

Kali ini bersama rombongan field trip, Eddy menikmati keindahan air terjun dengan berfoto, bergitar, membuat konten dan mandi.

Alumni SMAN 1 Bukittinggi tahun 1982 tersebut, meyakini Geopark Silokek berhasil menuju Unesco Global Geopark (UGGp).

“Saya optimis Geopark Silokek tahun depan diakui statusnya sebagai UGGp,” Eddy melanjutkan sembari turun-naik dari motor matik sambil wawancara.

Air terjun Batang Taye sendiri berada di nagari Silokek kabupaten Sijunjung.

Air terjun Batang Taye sangat populer di Sijunjung karena adanya air terjun tingkat 8 di kawasan ini.

Rute ke air terjun Batang Taye cukup menantang jika berboncengan menggunakan motor matik, sehingga pengunjung lebih banyak memilih untuk jalan kaki selama 20 menit.

Rakornas Geopark Indonesia dilaksanakan 19-22 November 2023 di Geopark Silokek, Sijunjung terbagi kepada beberapa rangkaian kegiatan.

Dimulai dari Gala Dinner, Minggu (19/11), Rakornas, Senin (20/11), dan berlanjut hari ini Selasa (21/11/2023) yaitu field trip sebanyak lima paket di kawasan Geopark Silokek, salah satunya field trip ke air terjun Batang Taye.

(AG)

Pos terkait