Bung Hatta di SMPN 1 Padang, Jejak Sang Proklamator di Sumatra Barat

Bung Hatta, Sejarah Indonesia, Pahlawan Nasional, SMPN 1 Padang, Sumatera Barat, Koperasi Indonesia. (Foto : Dok. Istimewa)
Bung Hatta, Sejarah Indonesia, Pahlawan Nasional, SMPN 1 Padang, Sumatera Barat, Koperasi Indonesia. (Foto : Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Mohammad Hatta, atau yang akrab disapa Bung Hatta, adalah sosok pahlawan Indonesia yang memiliki akar kuat di Ranah Minang, Sumatera Barat.

Lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902, Bung Hatta tumbuh sebagai anak dari pasangan Djmail dan Siti Saleha.

kali ini Topsumbar.com akan membahas perjalanan hidup dan kontribusi Hatta, dengan fokus pada masa kecil dan pendidikannya di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Masa Kecil dan Pendidikan

Hatta menghabiskan masa kecil dan remajanya di Sumatera Barat. Dia menempuh pendidikan di Meer Uitgebreid Leger Onderwijis (Mulo), yang saat ini dikenal sebagai SMPN 1 Padang.

Sebagai bukti sejarah, bangunan sekolah ini masih berdiri tegak hingga kini di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 3, Kota Padang.

Dokumen SMPN 1 Padang mencatat perjalanan sekolah ini dari zaman penjajahan Belanda sebagai Mulo hingga berganti nama menjadi

SMPN I Padang setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sekolah ini juga menjadi saksi bisu perjuangan Hatta, yang pada zaman Belanda dikenal sebagai Meer Uitgebreid Lager Onderwijis (Mulo).

Pos terkait