9 Cara Atasi Pinjol yang Telah Sebar Data Pribadi Nasabah, Cek Solusinya agar Tenang dari Teror

9 Cara Atasi Pinjol yang Telah Sebar Data Pribadi Nasabah, Cek Solusinya agar Tenang dari Teror
(Foto: 9 Cara Atasi Pinjol yang Telah Sebar Data Pribadi Nasabah, Cek Solusinya agar Tenang dari Teror/topsumbar.co,id)

Tindakan hapus data aplikasi pinjol di pengaturan hp bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran data pribadi secara lebih luas.

8. Mendaftar pinjaman dari layanan pinjaman online resmi

Menggunakan layanan pinjaman online yang sah merupakan langkah untuk mencegah penyebaran data oleh pinjol yang tidak sah.

Bacaan Lainnya

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki izin resmi dan prosedur peminjaman serta penagihan yang transparan.

Akses yang dimiliki pinjol legal juga lebih terbatas dibanding pinjol ilegal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi seperti yang disebutkan sebelumnya.

Oleh karena itu, risiko data Anda diretas oleh pinjol resmi pun sangat minim. Kebijakan bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan oleh pinjol resmi juga sesuai dengan peraturan yang berlaku.

9. Hindari konten promosi dari layanan pinjaman online ilegal

Menghindari konten promosi dari layanan pinjol ilegal adalah salah satu langkah awal agar Anda tidak tertarik dengan iming-iming pinjaman limit besar yang diberikan. Salah satunya lewat platform Youtube dan Tiktok

Bahkan, pinjol tidak segan untuk bekerja sama dengan sejumlah kreator terkenal guna menarik lebih banyak calon nasabah lewat materi promosi yang ditawarkan.

Materi promosi ini bertujuan untuk menyesatkan dan membujuk penonton agar menggunakan layanan pinjaman uang dari aplikasi pinjol yang dipromosikan.

Untuk menghindari terjebak dalam tawaran tersebut, disarankan untuk menghindari materi promosi dari layanan pinjaman online ilegal.

Selain itu, disarankan juga untuk melaporkan materi tersebut agar dapat dihapus dan diblokir oleh YouTube ataupun Tiktok.

Dari sini, Anda sudah terselamatkan dari pinjol yang sebar data pribadi Anda lewat oknum-oknum pinjol yang tidak bertanggung jawab. (bQx)

 

Pos terkait