Keunggulan Bareh Solok Dibandingkan Beras Lainnya yang Paling Cocok dengan Masakan Padang di Sumatera Barat

Keunggulan Bareh Solok dibandingkan Beras Lainnya di Sumatera Barat. (foto: Dok istimewa)
Keunggulan Bareh Solok dibandingkan Beras Lainnya di Sumatera Barat. (foto: Dok istimewa)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat merupakan provinsi yang menghasilkan begitu banyak ragam jenis alam dan termasuk salah satu budaya yang unik.

Banyak sumber energi alam seperti bahan baku tanaman, yang unik beraneka ragam di Sumatera Barat karena diproduksi di bawah kondisi geografis yang sangat spesifik.

Kondisi tanah, cuaca, suhu dan faktor alam lainnya menentukan karakteristik produk pertanian dan menambah nilai dan banyaknya permintaan dari konsumen.

Bacaan Lainnya

Kota Solok adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Lokasi kota Solok sangat strategis, karena lokasinya di persimpangan jalur antar provinsi dan antar kabupaten/kota. Kota ini merupakan titik persimpangan untuk menuju Kota Padang sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat dengan jarak lebih kurang 64 km.

Beras Solok atau “Bareh Solok” merupakan komoditas unggulan Sumatera Barat yang sangat terkenal hingga ke luar negeri. Rasa dari nasi Beras Solok sangat unik, gurih dan enak.

Setiap makan padang cenderung pakai Beras Solok, baik yang berada di Sumatera Barat maupun di luar daerah. Beras solok dijadikan sebagai nilai menjual yang tinggi bagi rumah makan padang, termasuk kalangan penduduk umum atau perantau.

Meski beras solok merupakan komoditas unggulan di Sumatera Barat, namun pemasaran Beras Solok hanya terdapat di beberapa wilayah saja.

Di tingkat tata niaga beras di Sumatera Barat, belakangan ini ditemukan banyak persoalan pemalsuan beras Solok palsu.

Demi meraih keuntungan yang besar, bareh Solok sudah banyak dipalsukan pedagang supaya cita rasanya sementara ini tidak lagi membawa keistimewaan dibanding beras dari daerah lain di Sumatera Barat.

Ada dua model beras yang terkenal dan jadi primadona yakni beras “Anak Daro” dan beras “Sokan”.

Beras Solok bukan hanya diperjual belikan di Indonesia, tetapi Beras Solok ini sudah diekspor ke benua Eropa dan benua Amerika Serikat. Ketika sudah menyentuh pasar Eropa, artinya beras ini sudah mencukupi beberapa syarat dan klasifikasi tertentu.

Nasi dari beras Solok terbukti paling sesuai dimakan dengan aneka lauk khas Padang yang banyak berkuah kental.

Berbeda dengan nasi Cianjur yang pulen lembut dan menggumpal, nasi khas Solok membawa tekstur pulen namun tidak lengket dengan sebutan lain terburai. Beras Solok jadi produk kebanggaan penduduk di Solok, Sumatera Barat.

Pos terkait