5 Tradisi Unik Warisan Budaya di Sumatera Barat

5 Tradisi Unik Warisan Budaya Minangkabau. (Foto : Dok. Topsumbar.co.id)
5 Tradisi Unik Warisan Budaya Minangkabau. (Foto : Dok. Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – 5 Tradisi Unik Warisan Budaya Minangkabau meresap dalam jiwa masyarakat Sumatra Barat, menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah dan kepercayaan yang telah diwariskan turun-temurun.

Mereka bukan sekadar upacara, tetapi jendela ke dalam hati dan jiwa masyarakat Minang yang dikenal kaya dengan tradisi dan nilai-nilai luhur. Dari pesisir Pariaman hingga hutan lebat Mentawai, Sumatra Barat menyimpan cerita dan ritual yang merefleksikan keunikan identitas serta filosofi hidup masyarakatnya.

Setiap tradisi menceritakan kisah, setiap ritual mengajarkan nilai, dan setiap upacara menjadi jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini, memastikan warisan budaya terus hidup melewati generasi.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : Jejak Kekayaan Budaya Sumatra Barat: Tradisi Penuh Makna dan Warisan yang Terlupakan

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 tradisi unik Sumatera Barat versi TOPSUMBAR

1. Upacara Tabuik, Memori Sakral Asyura di Sumatra Barat

Di tepian pantai Sumatra Barat, tepatnya di Kota Pariaman, sebuah tradisi kuno bermakna mendalam digelar setiap tahunnya. Upacara ini bukan sekedar perayaan, melainkan refleksi spiritual yang mendalam bagi masyarakat Minangkabau.

BACA JUGA : Maanta Nasi,Tradisi Turun Temurun yang Masih Dijaga dan Dilestarikan Masyarakat Sumatera Barat

Upacara ini mengenang hari Asyura, yakni hari gugurnya Imam Husain, cucu Nabi Muhammad SAW. Tabuik sendiri bukanlah sekedar nama upacara. Itu adalah usungan jenazah, simbol kesedihan dan penghormatan, yang menjadi pusat perhatian selama upacara berlangsung.

Pos terkait