Wow! Deretan Gunung-gunung Terindah di Sumatera Barat ini Jadi Idaman Para Pendaki

Deretan Gunung-gunung Terindah di Sumatera Barat ini Jadi Idaman Para Pendaki. (Foto: Topsumbar.co.id)
Deretan Gunung-gunung Terindah di Sumatera Barat ini Jadi Idaman Para Pendaki. (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Pemandangan di Gunung tentu saja membuat mata menghijau. Dimana Gunung terdapat di dataran tinggi dan memiliki daerah puncak yang terbatas.

Gunung juga lebih besar dibandingkan sebuah bukit serta udara di gunung juga lebih sejuk dari perbukitan maupun daratan.

Gunung biasanya memiliki ketinggian setidaknya 300 meter atau 1.000 kaki di atas tanah sekitarnya. Beberapa gunung adalah puncak yang telah berdiri sendiri, tetapi sebagian besar merupakan bagian dari rangkaian pegunungan atau perbukitan yang nampak menjulang.

Bacaan Lainnya

Gunung juga menyajikan tanah-tanah yang subur, jadi tak heran disekitar gunung dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan menghijau dan tumbuh subur.

Di Sumatera Barat, kaki dan pinggang gunung dimanfaatkan petani untuk berkebun.

Banyak petani sukses di Sumatera Barat memanfaatkan lahan di kaki gunung untuk menanam berbagai jenis tanaman sayur seperti bawang, kentang, lobak, cabai, tomat, sawi dan sayuran lainnya.

Bahkan di kaki Gunung Talang, tampak tumbuh subur tanaman teh yang luas menghijau.

Bukan hanya dimanfaatkan untuk berkebun. Namun keindahan gunung-gunung di Sumatera Barat sungguh menakjubkan.

Tidak sedikit juga gunung-gunung di Sumatera Barat bisa mengeluarkan air panas di berbagai daerah yang dimanfaatkan masyarakat sebagai pemandian air panas.

Berikut Deretan Gunung Terindah di Sumatera Barat

Indonesia berada di zona cincin wpi Pasifik, membuat Indonesia memiliki banyak sekali gunung di masing-masing daerahnya.

Hampir semua pulau di Indonesia punya banyak gunung, baik yang aktif maupun yang sudah mati termasuk di Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat terdapat cukup banyak gunung menjulang, tentu semakin tingginya gunung akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki yang tergabung di kelompok pecinta alam untuk menanjak hingga ke puncak gunung.

Meskipun begitu tidak semua gunung tinggi di Sumatera Barat cukup aman bagi para pendaki sebab banyak diantara gunung tersebut belum pernah didaki sebelumnya dan cukup berbahaya.

Berikut deretan gunung-gunung indah yang ada di Sumatera Barat dan penjelasannya:

1. Gunung Marapi

Gunung Marapi memang sudah menjadi objek wisata pegunungan dan memang sudah menjadi rute favorit bagi para pecinta alam ataupun pendaki gunung.

Tidak heran setiap bulannya, Pendaki Marapi selalu mendominasi dibandingkan gunung-gunung lain di Sumatera Barat.

Gunung Marapi berada diantara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang di Provinsi Sumatera Barat. Tinggi gunung Marapi sekitar 2.890 MDPL.

Gunung Marapi ini termasuk gunung aktif dan salah satu gunung tertinggi di Sumatera dan berdampingan dengan Gunung Singgalang.

Pos terkait