Waspadai Virus Rabies! ini Imbauan Walikota Bukittinggi, Anjing Liar Diamankan

TOPSUMBAR – Maraknya berita tentang virus rabies yang ditularkan oleh binatang kepada manusia viral baru-baru ini, menanggapi hal tersebut Walikota Bukittinggi, Erman Safar mengambil tindakan tegas.

Virus rabies ditularkan binatang penyebar yang sudah terjangkit rabies dan berkeliaran di lingkungan warga, Walikota Bukittinggi Erman Safar mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

Virus rabies ini disebabkan oleh gigitan anjing gila kepada manusia yang mana sudah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Untuk itu Walikota Bukittinggi Erman Safar mengimbau warga agar lebih waspada dalam menghadapi masalah ini.

Erman Safar mengatakan, kami bersama Dinas Kesehatan Bukittinggi serta instansi terkait sudah melakukan razia dan pengamanan terhadap anjing – anjing liar yang berkeliaran di sekitar lingkungan rumah warga.

Rabies adalah suatu penyakit anjing gila yang disebabkan oleh virus rabies yang juga disebut dengan rhabdo virus yang menyerang otak dan sistem saraf, sehingga jika terlambat di tangani akan mengakibatkan kematian, ujar Erman.

Erman menambahkan, dalam penularan virus rabies ini dapat ditularkan melalui air liur, gigitan, cakaran dan jilatan pada kulit yang luka dari hewan liar yang terinfeksi rabies.

Ciri-ciri Manusia Terinfeksi Virus Rabies

Adapun ciri – ciri orang yang terinfeksi virus rabies adalah, otot melemah, kesemutan area gigitan, sakit kepala, demam, mual, muntah dan gejala lainnya.

Sedangkan ciri – ciri virus rabies yang terjadi pada binatang diantaranya, mudah terprovokasi, pupil mata membesar dan berwarna merah serta sering menyerang manusia dan hewan lain yang berada di sekitarnya.

“Jadi untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, kita harus melakukan vaksinasi hewan peliharaan yang ada di lingkungan warga, jaga hewan peliharaan agar tidak terkontaminasi oleh virus rabies ini.” pinta Wako Erman Safar.

(JA)

Pos terkait