Wajib Dikunjungi, Inilah Pantai Terpanjang di Sumatera Barat, Ternyata Bukan Pantai Padang

Inilah Pantai Terpanjang di Sumatera Barat, Ternyata Bukan Pantai Padang. (Foto: Topsumbar.co.id)
Inilah Pantai Terpanjang di Sumatera Barat, Ternyata Bukan Pantai Padang. (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Pantai merupakan tempat wisata favorit bagi semua kalangan, apalagi pantai yang bersih dengan pasir yang lembut tentu membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi dari lautan.

Di Sumatera Barat yang terkenal dengan objek wisata pantainya, kita bisa menikmati sunset yang terlampau indah. Mulai dari kota Padang, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Agam, Pasaman Barat dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain pantai yang indah, berbagai kuliner di sepanjang pantai juga menggiurkan penikmat wisata. Pantai adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Itu bisa dirasakan jika sedang berada di Kota Padang yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Bacaan Lainnya

Pantai Perpanjang sampai Terkecil di Sumatera Barat

Pantai Padang

Membahas Pantai di Sumatera Barat, bisa kita mulai dari Pantai Padang. Kota Padang yang membujur dari Utara ke Selatan memiliki pantai sepanjang 68,126 km. Pantai Padang terkenal dengan wisata bahari nan tertata. Mulai dari Muaro Lasak, sampai ke Muaro Gunung Padang menjadi ikonik Pantai Padang.

Pantai di Pesisir Selatan

Kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu dari 19 kabupaten/ kota di Provinsi Sumatra Barat, dengan luas wilayah 5.749,89 Km2. Wilayah Kabupaten Pesisir Selatan terletak di bagian Selatan Propinsi Sumatra Barat, memanjang dari Utara ke Selatan dengan panjang garis pantai 234 Km. Hampir semua pantai di Pesisir Selatan menjadi surga tersembunyi nya Minangkabau.

Memanjang dari Sungai Pinang, Sungai Nyalo, Mandeh, hingga ke Pantai Carocok mata pengunjung bakal dimanjakan dengan keindahan alam laut dan perbukitan, ditambah pulau-pulau yang muncul di tengah lautan serta kapal-kapal nelayan yang berjejer rapi.

Bukan hanya sampai di Pantai Carocok Painan, Pantai di Pesisir Selatan sampai ke perbatasan Pesisir Selatan dan provinsi tetangga di Muko-muko Bengkulu.

Pantai di Padang Pariaman

Kabupaten Padang Pariaman berbatasan langsung dengan Kota Padang sebagai Ibukota Propinsi Sumatera Barat, dengan luas 1.328,79 Km2. Daerah ini berada di pesisir barat Pulau Sumatera dengan panjang garis pantai 60,5 km dan membentang hingga wilayah pergunungan Bukit Barisan.

Jika berkunjung ke Kota Padang menggunakan pesawat terbang, posisi bandara berada tepat di belakang pantai Padang Pariaman ini.

Pantai di Kota Pariaman

Secara astronomis, Kota Pariaman terletak antara 00° 33‘ 00 “ – 00° 40‘ 43“ Lintang Selatan dan 100° 04‘ 46“ – 100° 10‘ 55“ Bujur Timur. Tercatat memiliki luas wilayah 73,36 km2, dengan panjang garis pantai 12,00 km. Jadi boleh dikatakan Pariaman memiliki garis pantai yang cukup kecil dibanding daeah lainnya.

Luas daratan kota Pariaman setara dengan 0,17% dari luas daratan wilayah Provinsi Sumatera Barat, dengan 6 buah pulau-pulau kecil; Pulau Bando, Pulau Gosong, Pulau Ujung, Pulau Tangah, Pulau Angso Duo dan Pulau Kasiak. Panjang pantai lebih kurang 12,7 km.

Pantai di Agam

Bagian barat Kabupaten Agam merupakan wilayah pesisir dengan panjang garis pantai 43 km. Pantai Agam sangat indah dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. Salah satu pantai terkenal di Agam adalah Pantai Tiku, Pantai Bandar Mutiara, Pantai Ujung Karang.

Pantai di Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Pasaman. Kabupaten Pasaman Barat mempunyai panjang garis pantai kurang lebih 142,92 km dan tujuh buah pulau kecil. Pasaman Barat mempunyai luas perairan (laut) ± 52.882,42 km2 dengan panjang pantai wilayah daratan ± 522 km.

Jika berkunjung dan ingin berlibur di Pasaman Barat, ada enam pantai terkenal di Pasaman Barat yakni Pantai Sasak, Pantai Sikabau, Pantai Air Bangis, Pantai Maligi, Pantai Sikilang, Pantai Muaro Binguang.

Pantai di Sepanjang Mentawai

Dirangkum dari berbagai sumber, Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Barat dengan posisi geografis terletak di luar Pulau Sumatera dengan luas wilayah tercatat 6.011,35 km² dan garis pantainya sepanjang 1.402,66 km. Jadi untuk wisata pantai terpanjang di Sumatera Barat tentu saja dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat memiliki hamparan pantai nan cantik. Pantai dengan pasirnya yang putih berpadu dengan birunya air laut. Mentawai memiliki ombak yang terkenal di kalangan surfer dunia sebagai surga surfing, bahkan ombak Mentawai diposisikan nomor 4 di dunia.

Terdapat banyak pantai-pantai yang mempesona di Mentawai, sebut saja Pantai Mapaddegat, Tuapeijat, Makakang di Sipora Utara, Simatalu di Siberut Barat, dan Katiet di Sipora Selatan. Selain pantai yang disebutkan tadi, masih banyak pantai lain yang tersebat di 10 kecamatan di Mentawai.

Selain mengenai ukuran pantai di atas, berikut Topsumbar rangkum deretan pantai yang bisa jadi rekomendasi untuk waktu berlibur wisatawan.

1. Pantai Nirwana

Pantai ini menyajikan panorama yang cukup estetik terkandung hamparan pasir putih yang luas bersama ombak yang tenang, kalian juga bisa menikmati panorama kapal yang berlabuh menuju Teluk Bayur.

Banyak yang menyatakan bahwa air laut di area ini bisa di manfaatkan sebagai area terapi karena itu banyak pengunjung yang berdatangan berasal dari dalam maupun luar kota.

Terletak tidak jauh dari pusat kota, hanya dengan berkendara sebentar saja, wisatawan sudah bisa mengunjungi objek wisata Pantai Nirwana ini.

Pantai gajah ini membuka 24 jam bersama bersama cost tiket cuma Rp 10.000 unuk tiap tiap orangnya. Pantai yang ombaknya tidak amat besar ini mampu lebih cocok untuk anak-anak karena lokasinya sebetulnya memadai strategis.

Angin semilir mampu membawa pengaruh mereka lebih senang bermain dan berlarian tanpa Anda khawatir berlebihan, selama anak-anak selamanya di didalam pengawasan.

Untuk menuju kelokasi wisata pantai yang yerdaftar diatas, kamu mampu rental mobil padang bersama bersama sopir atau lepas kunci.

Pos terkait