Sedapnya Berburu Kulineran Khas Minang dan Gulai Cancang yang Bikin Ketagihan

Sedapnya Berburu Makanan Khas Minang dan Gulai Cancang yang Bikin Ketagihan (Foto: Topsumbar.co.id)
Sedapnya Berburu Makanan Khas Minang dan Gulai Cancang yang Bikin Ketagihan (Foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Kuliner khas Minang memang tak pernah gagal dalam menyajikan kelezatannya. Makanan khas Minangkabau sangat terkenal dan sangat banyak peminatnya di dalam maupun diluar negri.

Makanan khas minang ini biasanya lebih sering dikenal orang-orang diluar Sumatera Barat dengan sebutan makanan Padang. Ada beraneka ragam jenis masakan yang semua hampir semuanya menggunakan bahan baku daging dan santan.

Cita rasa khas dan gurih yang dipadukan dengan berbagai macam rempah khas Indonesia, yang semakin membuat masakan khas Minangkabau ini semakin terkenal di dalam dan diluar negri. Ada banyak jenis makanan di Minangkabau mulai dari makanan berat, cemilan, minuman hingga kue tradisional yang pastinya lezat.

Bacaan Lainnya

Adapun beberapa makanan dan minuman khas Minang yang sekarang sudah jarang dijual yang bisa Toppers cari jika berkunjung ke Ranah Minang:

1.Pangek Ikan

 

Pangek ikan merupakan makanan khas Minang yang sudah jarang kita jumpai di rumah makan Padang. Pangek ikan dimasak dengan cara mengentalkan terlebih dahulu bumbu dan santan sebelum memasukkan bahan utama dan ikan yang digunakan adalah ikan mas.

2.Randang Cubadak

 

Randang cubadak adalah salah satu makanan khas minang yang jarang atau bahkan tak ada di rumah makan padang yang kita temui di kota-kota besar. Cubadak atau nangka ini dipotong kecil-kecil yang kemudian di rendang seperti layaknya daging.

3.Gulai Asam Durian

Gulai asam durian ini terbuat dari durian yang sudah dikikis dan dibuang isinya yang kemudian di fermentasi atau yang biasa kita kenal dengan Tempoyak. Ikan yang biasa masyarakat minang gunakan ialah ikan Nila.

4.Belut Goreng Lado Hijau

Belut goreng dengan campuran sambal cabai hijau juga tak boleh Toppers tinggalkan saat berkunjung ke ranah Minang Sumatera Barat. Belut yang sudah dibersihkan lalu diberi bumbu khas minang dan digoreng dengan cabai hijau yang tentu saja akan membuat selera makan kamu naik.

5.Kalio Jariang

Jariang (Jengkol) merupakan makanan kesukaan banyak orang, meski beraroma kurang mengenakkan nyatanya jengkol masih saja memiliki banyak peminat. Memasak dengan cara “kalio” ini merupakan sebuah tahapan dalam proses pembuatan rendang.

Bumbu yang digunakan untuk membuat jengkol kalio juga mirip dengan gulai, hanya saja yang membedakannya adalah durasi atau waktu dalam memasaknya. Kalio ini biasanya bertekstur lebih basah dan warnanya tidak sehitam rendang.

6.Teh Talua Tapai

Teh telor tape merupakan minuman khas minang yang di dalamnya terdapat 3 bahan diantaranya seduhan teh yang dicampurkan dengan kuning telur ayam kampung dan tape yang di kocok menjadi satu. Tape itu sendiri merupakan ubi yang sudah di fermentasi selama 2-3 hari, kunci pembuatan pada tape singkong adalah penggunaan ragi. Teh Talua Tapai ini sangat enak di nikmati sendiri bersama pasangan ataupun keluarga saat sedang berkunjung ke Sumatera Barat.

7.Minuman Kawa Daun

Kawa daun adalah minuman khas Minang yang memiliki keunikan tersendiri yaitu perpaduan rasa antara teh dan kopi. Kawa daun berasal dari daun kopi yang sudah di olah sedemikian rupa, di sajikan dengan cara di seduh seperti teh ataupun di masak hingga mendidih.

Namun ada hal yang tak boleh di tinggalkan saat makan ataupun  berkunjung ke ranah Minang ialah masakan primadonanya, untuk primadona makanan khas dari Minangkabau yang menjadi kesukaan banyak orang adalah

  • 1.Gulai Cancang

Gulai cancang adalah makanan khas asal sumatera barat yang terbuat dari daging sapi maupun kambing. Gulai cancang memiliki ciri khas berkuah kental dan pedas.

Selain rendang, gulai cancang inilah yang sering dicari disetiap rumah makan padang, belum lengkap rasanya jika tidak makan gulai cancang saat berkunjung ke rumah makan padang.

Gulai cancang khas minang ini masuk dalam daftar Sup terenak se Asia dan berhasil menduduki peringkat ke tiga.

Diantara banyaknya makanan dan minuman khas Minangkabau yang mana yang paling kamu suka? (MHF)

Pos terkait