Pos Petani Cerdas Dibentuk, Percepat Pelayanan Hingga Nagari/Desa

Topsumbar – Pelayanan terpadu pertanian cepat respon, adaptif dan solutif disingkat dengan POS PETANI CERDAS adalah kelembagaan penyuluhan pertanian di tingkat nagari/desa yang dibentuk dan dikelola secara partisipatif oleh pelaku utama dan pelaku usaha.

Hal itu diutarakan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Dewi Shinta Ananda, S.Pt pada Kamis (3/8/2023) di Muaro Sijunjung.

POS PETANI CERDAS sebagai tempat kerja bersama antara penyuluh pertanian, petugas Pengendali Organisme Penganggu Tanaman (POPT) dan petugas Kesehatan Hewan (Keswan) untuk bergerak bersama, memberikan pelayanan kepada masyarakat guna membangun nagari/desa di sektor pertanian, demikian Dewi menambahkan.

Bacaan Lainnya

POS PETANI CERDAS didorong tumbuh atas inisiatif dari petani agar dapat membangkitkan percaya diri, kebersamaan, gotongroyong dan kesadaran akan potensi individu maupun masyarakat nagari/desa untuk membangun masa depannya, Dewi melanjutkan.

Pada kesempatan tersebut, selanjutnya Dewi juga menguraikan perihal seluk beluk POS PETANI CERDAS kepada media.

Untuk menumbuhkan POS PETANI CERDAS, prosesnya dimulai dari Rembug Nagari/Desa, yang melibatkan wali nagari/kepala desa, pengurus Kelompoktani (Keltan), Kelompok Wanita Tani (KWT), Gabungan Kelompoktani (Gapoktan), penyuluh pertanian, petugas POPT, petugas Keswan dan pihak terkait.

Selanjutnya, diidenfikasi potensi pengembangan nagari/desa, menyusun rencana kegiatan POS PETANI CERDAS, menetapkan lokasi, menetapkan pengurus dan menetapkan rencana kegiatan.

POS PETANI CERDAS adalah kegiatan komunikasi pelayanan publik bidang pertanian, tempat pertemuan, tidak terbatas ruang dan waktu, tempat untuk saling tukar informasi, komunkasi dan menjalin kemitraan antara pelaku utama dengan pelaku usaha dari nagari/desa lain, bahkan dengan pihak pemerintah.

POS PETANI CERDAS adalah wujud pelayanan publik bidang pertanian non struktural di Nagari/Desa, dibentuk dan dikelola secara partisipasitif oleh petani untuk memberikan media pelayanan pengaduan/keluahan/laporan dari masyarakat dan pelayanan konsultasi kepada petani.

POS PETANI CERDAS dibentuk dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat dan tepat waktu kepada petani dan masyarakat di nagari/desa di Kabupaten Sijunjung.

Fungsinya yaitu untuk mempercepat peningkatan kemampuan masyarakat nagari/desa terutama pelaku utama dan pelaku usaha.

POS PETANI CERDAS dikembangkan dengan menggunakan sistem aplikasi berbasis website, dimanfaatkan sebagai wahana dalam pengembangan agribisnis pertanian dan untuk pengembangan data maupun informasi produksi dan produktivitas aneka komoditas pertanian secara terpadu dengan stakeholder lainnya di Nagari/Desa.

Selain itu, sarana dan prasarana POS PETANI CERDAS dilengkapi dengan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), harus mampu dalam menyebarluaskan inovasi, teknis budidaya, informasi pasar dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh petani khususnya dan masyarakat lainnya umumnya.

Sebagai mitra pemerintah nagari/desa, POS PETANI CERDAS harus mampu memberdayakan petani melalui pelaksanaan penyuluhan pertanian, pengamatan, pencegahan serta pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dan pencegahan maupun pengendalian penyakit hewan/ternak,

Inventarisasi permasalahan dan pemecahannya, melaksanakan percontohan dan pengembangan usaha tani, melaksanakan kegiatan rembug, temu teknis dan temu lapangan, fasilitasi layanan informasi, konsultasi pertanian, untuk mempercepat upaya peningkatan kemampuan petani dalam melaksanakan program pembangunan pertanian di nagari/desa sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian sehingga petani mampu berdaya saing, inovatif dan sejahtera.

Beberapa waktu lalu telah dilaksanakan kegiatan POS PETANI CERDAS pada delapan nagari dan desa di delapan kecamatan se-Kabupaten Sijunjung.

Delapan lokasi dimaksud yaitu, Nagari Kunangan Parit Rantang (Kecamatan Kamang Baru), Nagari Tanjung Gadang (Tanjung Gadang), Nagari Buluh Kasok (Lubuk Tarok), Nagari Muaro (Sijunjung), Nagari Koto Tuo (Kecamatan IV Nagari), Desa Kampung Baru (Kupitan), Nagari Guguk (Koto VII), serta Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan (Sumpur Kudus).

Kegiatannya meliputi pembinaan kelembagaan petani, pengamatan pada tanaman padi sawah, jagung, kakao, pelayanan kesehatan hewan (pemberian obat, vitamin vaksinasi, sinkronisasi berahi).

Launching POS PETANI CERDAS telah dilakukan oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt pada Jumat (28/7/2023) di Nagari Buluh Kasok, Kecamatan Lubuk Tarok. (Gun)

Pos terkait