Pemkab Agam Gelar Uji Kompetensi Camat, Asisten I Setda Agam : Mengevaluasi Kompetensi Camat Disejumlah Bidang

Topsumbar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam gelar uji kompetensi camat, Senin- Selasa,(31/7-1/8/2023), di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung.

Asisten I Setda Agam, Rahman, menyebutkan uji kompetensi itu diikuti 13 camat di kabupaten Agam, yaitu Camat Baso Rio Eka Putra, Camat Sungai Pua Ridwan, Camat Ampek Angkek Eko Espito, Camat Palupuah Zulfikar Zulkifli, Camat Kamang Magek Ifradi dan Camat IV Koto Ricky Eka Putra.

Kemudian Camat Malalak Rahmat Fajri, Camat Palembayan, Sabirun, Camat Lubuk Basung Hidayatul Taufik, Camat Tanjung Mutiara Edo Aipa Pratama, Camat Banuhampu Susi Karmila, Camat Canduang M. Noviardi Ismail dan Camat Tilatang Kamang, Syahrul Hamidi.

Bacaan Lainnya

“Uji kompetensi hanya diikuti camat yang telah dilantik lebih dari setahun, serta belum pernah mewakili daerah untuk uji kompetensi tingkat Sumatera Barat,” ujar Rahman dikutip dari Agam Media Center, Selasa (1/8/2023)..

Dijelaskan, Kabupaten Agam memiliki 16 camat, tiga diantaranya tidak bisa mengikuti uji kompetensi tersebut, dua kecamatan karena tidak memenuhi persyaratan dan satu kecamatan sudah pernah meraih prestasi di tingkat provinsi Sumatera Barat.

Ketiga camat itu yakni, Camat Matur Subchan, Camat Ampek Nagari Rizona Guiza dan Camat Tanjung Raya Roza Syafdefianti.

Rahman menyebutkan, uji kompetensi dilakukan untuk melihat dan mengevaluasi kompetensi camat dalam bidang penyelenggara pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan.

“Dengan uji kompetensi ini, kita berharap camat dapat melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan pemerintahan terdepan. Sehingga terciptanya masyarakat yang sejahtera,” ujarnya.

Ditambahkan, uji kompetensi saat ini untuk tahap mendengar pemaparan camat dan wawancara, bagi yang masuk tiga besar dilanjutkan tinjau lapangan. Kemudian camat yang berhasil jadi terbaik bakal mewakili Kabupaten Agam ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Tahun 2018, Agam berhasil meraih camat terbaik pertama atas nama Handria Asmi, yang waktu itu menjabat sebagai Camat Tanjung Raya. Sedangkan, Tahun 2022, Camat IV Koto yang saat ini dijabat oleh Ricky Eka Putra, pernah ditetapkan sebagai Juara I camat berpretasi tingkat Kabupaten Agam dan menjadi 6 besar tingkat Provinsi Sumatera Barat,” ujarnya lagi.

Dalam uji kompetensi camat Pemkab. Agam itu, para tim penilai bidang pemerintahan yaitu, Asisten I Setda Agam, Rahman dan Asisten III Setda Agam, Andrinaldi.

Kemudian bidang pembangunan Asisten II Setda Agam Jetson dan Ketua LKAAM Junaidi Dt. Gampo Alam Nan Hitam serta bidang kemasyarakatan Plt. Ketua Bundo Kanduang Agam Ny. Yenni Andri Warman dan Ketua MUI Agam Taufik.

(AL)

Pos terkait