Besok, Pemkab Agam Gelar Pawai Alegoris Kemerdekaan ke 78 dan Pentas Musik

TOPSUMBAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam akan menggelar pawai alegoris kemerdekaan RI ke 78 pada Sabtu besok, 19 Agustus 2023.

Sebelumnya, kemaren Kamis (27/8/2023) telah dilaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi di halaman Kantor Bupati Agam di Lubuk Basung.

Pawai alegoris tersebut mengambil titik start di depan Mako Koramil Lubuk Basung serta akan dilepas langsung oleh Bupati Agam Andri Warman pada Sabtu pukul 08.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Agam, Handria Asmi selaku ketua seksi acara PHBN saat memimpin apel kesiapan pawai PHBN 2023, Jumat (18/8/2023), dikutip dari siaran pers Diskominfo Agam.

Disebutkannya, peserta pawai tahun ini adalah para pelajar Taman Kanak-Kanak, Pelajar SLTP/SLTA, Komunitas Masyarakat dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Agam yang ada di Lubuk Basung.

“Diperkirakan ribuan peserta akan meramaikan pawai alegoris dengan berbagai atribut,” sebut dia.

Ia menjelaskan terkait rute pawai alegoris yang dipilih pada tahun ini, sama dengan tahun sebelumnya

“Rute yang kita siapkan untuk pawai alegoris tahun ini adalah jalur Simpang Lampu Merah RSUD- Simpang III Tugu Harimau dan finish di depan SMP 1 Lubuk Basung dengan jarak tempuh lebih kurang 2 km sama dengan tahun lalu,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, sebelum pawai tersebut dilepas, titik kumpul  disediakan sepanjang jalur Simpang IV – Simpang Lampu Merah RSUD dan Simpang Pengadilan Negeri Lubuk Basung.

Sedangkan tempat parkir pengangkut disediakan di tiga titik lokasi, yaitu lapangan parkir GOR Rang Agam, komplek Kantor Bupati dan parkiran RSUD.

“Kendaraan peserta yang datang dari Simpang IV Tangah parkir di komplek GOR Rang Agam, peserta yang masuk dari Simpang Surau Kariang parkirnya di Komplek Kantor Bupati, dan untuk kendaraan dropping peserta lainnya dapat parkir dikomplek RSUD,” ujarnya.

Selain lokasi parkir, tutur Handria, panitia juga menyediakan toilet bagi para peserta di sepanjang jalur pawai, yaitu SMP 3 Lubuk Basung, RSUD, Masjid Agung Nurul Falah, kantor Bappeda dan gedung DPRD.

Lalu, sarana yang tidak kala penting dan vital adalah kesiagaan ambulans yang akan ditempatkan pada 4 titik pawai, yaitu Simpang Lapau Talang, Tugu Harimau, Simpang Lampu Merah, Simpang IV Tangah dan di garis finis. Sementara baru 1 unit ambulance mobile.

“Untuk ketersediaan toilet kami telah berkoordinasi dengan beberapa sekolah dan OPD yang ada di sepanjang jalur pawai, begitu juga dengan ketersediaan mobil ambulans untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan, semoga pawai alegoris ini berjalan lancar,” tuturnya.

“Selain pawai alegoris acara pamungkas yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Agam adalah pentas musik pada malam Minggu (19/8/2023),” tutupnya.

(AL)

Pos terkait