Dekranas Bakal Gelar Pelatihan UMKM di Padang Panjang

Topsumbar – Guna mendorong pertumbuhan ekonomi bagi UMKM yang menggeluti seni kriya, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) direncanakan menggelar pelatihan bagi UMKM pada pertengahan Juli mendatang.

Pertemuan ini akan digelar di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang selama dua hari, kegiatan ini bakal dibuka Ketua Dekranas, Hj. Wury Ma’ruf Amin. Hal ini mengemuka pada saat audiensi Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dengan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal pada Kementerian Investasi/BKPM, Ir. Yuliot, M.M, Jumat (7/7) di Rumah Dinas Wali Kota.

“Kalau kuliner sudah berjalan baik di Padang Panjang. Kriya perlu kita dorong. Kesempatan yang luas adalah ekonomi kreatif. Kementerian Investasi bekerja sama dengan Dekranas Pusat sama-sama melihat potensi ini untuk dilakukan pembinaan,” kata Yuliot.

Bacaan Lainnya

Yuliot berharap, lewat pelatihan selama dua hari itu, UMKM yang telah dikurasi ini tidak hanya menembus pasar Sumbar dan nasional, tetapi bisa diekspor ke luar negeri.

“Kita mendapatkan UMKM dengan produk unggulan yang didorong pengembanganya. Pelatihan yang dijalankan antara lain menajemen usaha,” ujarnya seraya menyebutkan UMKM yang bakal ikut pelatihan ini yaitu di bidang fashion, logam, kulit, dan anyaman.

Sementara itu, Wako Fadly menyambut baik kegiatan tersebut.

“Pemko Padang Panjang mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Investasi/BKPM dan Dekranas memilih UMKM Kota Padang Panjang untuk dibina dan diberi pelatihan. Harapannya UMKM ini berkembang pesat sehingga mampu menyerap lapangan pekerjaan baru, meningkatkan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Turut hadir, Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Rektor ISI, Dr. Febri Yulika, S.Ag, M.Hum dan pejabat terkait lainnya. (AL/MHF)

Pos terkait