Cuaca Ekstrem, Berikut Wilayah Terdampak Bencana Banjir dan Longsor di Sumatera Barat, Padang Terparah

Topsumbar — Akibat intensitas hujan yang sangat tinggi mengguyur wilayah Sumatera Barat sejak Kamis (13/7/2023) malam kemarin hingga Jumat (14/7/2023) pagi, menyebabkan sebagian besar wilayah di Sumatera Barat digenangi banjir dan tanah longsor.

Ketinggian banjir ada yang mencapai satu meter di beberapa daerah, lain itu juga terdapat bencana longsor di beberapa titik lokasi, sontak membuat warga panik dan memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Laporan sementara bencana di beberapa wilayah Provinsi Sumatera Barat akibat tingginya intensitas hujan dengan rincian data sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

1. Kabupaten Padang Pariaman

Lokasi dan dampak kejadian longsor di Korong Balai Satu Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2×11 Anam Lingkuang, material Longsor menimbun badan jalan di ladang laweh.

Juga terdapat bencana longsor di Korong Rimbo Kalam, Nagari Anduriang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam Longsor menimpa 1 unit rumah warga dan 8 titik longsor ke badan jalan

Untuk kejadian bencana banjir terdapat di Korong Pasa Limau Nagari Parit Malintang Kecamatan Anam Lingkuang, Banjir merendam beberapa rumah warga. Juga di Korong Kasai, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai Banjir merendam beberapa unit rumah warga di perumahan Kasai Permai dan Kasai residence.

Di Korong Banda Gadang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai Banjir merendam beberapa unit Rumah warga. Juga di Korong Pasie Laweh, Nagari Bisati Sungai Sariak, kecamatan VII koto Banjir merendam beberapa unit rumah warga. Korong Lubuak Pua, Nagari Balah Aia Utara Kecamatan VII Koto banjir merendam beberapa unit rumah warga

Selain longsor dan pohon tumbang, cuaca ekstrim juga mengakibatkan pohon tumbang di Korong Banda Gadang, Nagari Kasang Kecamatan Batang Anai pohon tumbang menimpa satu unit rumah warga, untuk laporan korban jiwa nihil.

2. Kabupaten Agam

Lokasi dan dampak kejadian banjir di Jorong Muko-Muko Nagari Koto Malintang, longsor menimpa Jorong Alai Nagari Koto Malintang Material Longsor menutupi ruas jala Provinsi dan tidak bisa dilalui.

Jorong Muko-muko, Longsor dengan material lumpur menghambat akses jalan dan dua unit rumah rusak. Untuk kondisi terkini material longsor sudah dibersihkan dan jalan sudah bisa dilalui kembali, untuk rumah rusak warga mengungsi ke masjid Antokan. Selain itu juga ada Jorong Pandan, Jorong Sigiran, beberapa rumah rusak berat, Jorong Sungai Tampang , Jorong Pantas tiga titik di banda kantor Nagari, Jembatan Kuning dan Sarojo, beberapa rumah rusak berat. Jorong Batunanggai beberapa rumah rusak berat, Jorong Sungai Tampang, Jorong Galapung terdapat dua titik longsor.

Dilaporkan ada dua orang warga belum ditemukan di Jorong Pantas.

3. Kota Padang

Lokasi dan dampak kejadian banjir yakni;
– Perumahan Griya Kubu Utama Kelurahan Tabiang Banda Gadang Kecamatan Nanggalo. Ketinggian Air ± 60 cm
– Depan SDN 03 Alai ± 50 cm,
– Gantiang Parak Gadang RW 06. Ketinggian air ± 50 cm,
– Jalan Kampung Nias 1 Kelurahan Ranah Parak Rumbio Kecamatan Padang Selatan. Ketinggian Air ± 50 cm
– Jalan Palangka Raya No.2, Ulak Karang Selatan, Kec. Padang Utara, Kota Padang. Ketinggian Air ± 30 cm
– Jl Raya Jondul Rawang ketinggian Air ± 100 cm
– Jl. Jati Rawang RT 01 RW 01 Kelurahan Jati masuk dari rumah Makan Abak. Ketinggian Air ± 100 cm
– Jl. Karet Kelurahan Bandar Purus
– Gurun Laweh RT 05 RW 01 No. 79.
– Jln. Merpati RT 05 RW 11 Kelurahan dadok tunggul hitam , Kecamatan Koto Tangah
– Komplek Perumahan Kharisma, Kelurahan Koto Baru Nan XX dekat sungai
– Jl. Pemancungan no. 26 Belakang SDN 32/27 Pemancungan, kelurahan Pasa Gadang
– Di belakang rumah potong sapi yang lama, dekat kantor Lurah Lubuk Buaya Kelurahan Batipuah Panjang, Kampuang Jambak Dalam Kecamatan Koto Tangah
– Perumahan Jondul 5 Tabing
– Jl Karang Putih Dadok Tunggul Hitam
– Jalan DPR Koto Tangah, gang cempaka 5
– Gang Cendana 8 DPR Ujung
– Jl. Cempaka 5 DPR Ujung
– Griya Anak Air Permai Batipuah Panjang
– Dadok Tunggul Hitam Belakan SD 20 RT 05 RW 11
– Jl Cempaka 4 DPR Ujung (Butuh evakuasi lansia
– Jl. Cikarau Dadok Tunggul Hitam
– Komplek Perumahan Permata Balai Gadang 3 Panjang

Bencana longsor dilaporkan terjadi di Gang 1 RT 03/09, dekat Masjid Muhanirin ada rumah tertimpa longsor Jalan Baru Pantai Air Manis, Puncak Air Paralayang Bukik Gado-gado.

Akibat tertimbun longsor di Bukik Gado-gado RT 02/RW 01, Kelurahan Bukit Gado-gado, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, dilaporkan dua balita meninggal dunia.

Kapolsek Padang Selatan, AKP Nanang Irawadi, mengatakan ada dua orang balita meninggal dunia akibat tertimbun material longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak dini hari pada Jumat (14/7/2023).

Selain longsor dan banjir, cuaca ekstrem juga menyebabkan pohon tumbang di Jalan Raya By Pass Sungai Sapih Kelurahan Sungai Sapih yang mengganggu akses jalan raya.

Hingga berita ini diterbitkan, di atas adalah laporan kejadian bencana oleh Kalaksa BPBD Provinsi Sumatera Barat, Jika ada perkembangan terbaru akan disampaikan kepada masyarakat dalam berita selanjutnya.

(Han)

Pos terkait