Pemkab Agam Gelar Upacara Peringatan Harlah Pancasila, Bupati Bacakan Amanat Tertulis Presiden RI

Topsumbar – Pemerintah Kabupaten Agam gelar upacara peringatan Hari Kelahiran (Harlah) Pancasila tahun 2023 di halaman kantor Bupati Agam, Kamis (1/6/2023).

Upacara dipimpin langsung Bupati Agam, Andri Warman, dihadiri Forkopimda plus dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Agam Andri Warman membacakan amanat tertulis Presiden RI, Joko Widodo.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Diharapkan nilai-nilai Pancasila dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan

“Karena kita harus mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai segi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Ia berharap, melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini dapat  meningkatkan kinerja membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2003 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Sebelumnya jelang upacara, Bupati Agam Andri Warman menggelar  jamuan sarapan pagi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sarapan pagi bersama itu dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Agam, Padang Baru, Lubuk Basung.

(AL)

Pos terkait