Halo Pelajar! Siapkan Rekening PIP Kemdikbud sampai 30 Juni 2023 atau Dana Bansos Tidak Cair

Halo Pelajar! Siapkan Rekening PIP Kemdikbud sampai 30 Juni 2023 atau Dana Bansos Tidak Cair
Halo Pelajar! Siapkan Rekening PIP Kemdikbud sampai 30 Juni 2023 atau Dana Bansos Tidak Cair (ilustrasi: Topsumbar.co.id)

Topsumbar – Halo Pelajar! Mari siapkan rekening/tabungan untuk ambil Bansos PIP Kemdikbud selambatnya tanggal 30 Juni 2023, dengan membuka Tabungan SimPel.

Adapun jenis bank yang menyediakan Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar) adalah Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, CIMB, BJB dan lain-lain.

Seperti yang diketahui, PIP (Program Indonesia Pintar) adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada siswa SD, SMP hingga SMA-SMK yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk biaya pendidikan.

Bacaan Lainnya

Peserta didik yang ditetapkan untuk menerima Bansos PIP Kemdikbud adalah yang berada di kelas akhir. Yaitu, kelas 6 sekolah dasar, kelas 9 (SMP), kelas 12 (SMA/SMK), peserta didik yang ada di program kesetaraan, yakni Paket A, B, dan C serta pada sekolah luar biasa (SLB).

Sebagai syaratnya, peserta didik tersebut merupakan peserta didik hasil pemadanan pada Dapodik, DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).

Salah satu sasaran utama PIP adalah siswa yang tercatat di DTKS yang dikelola Kementerian Sosial.

DTKS sendiri merupakan data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, demografi dan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Selain itu, pastikan juga bahwa siswa yang bersangkutan memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar).

Cara untuk mengecek siswa terdaftar atau tidaknya sebagai penerima PIP Kemdikbud, dapat mencoba langkah berikut ini:

  1. Buka tautan https://pip.kemdikbud.go.id/home_v1
  2. Isikan NISN dan NIK, lalu isikan hasil yang diminta sistem,
  3. Klik Cek Penerima Bansos PIP
  4. Jika data sudah dimasukkan dengan benar maka bisa diketahui apakah termasuk penerima PIP atau bukan (termasuk sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar atau bukan).

Jika tercatat sebagai penerima PIP, silahkan konfirmasikan ke sekolah untuk dibuatkan Surat Keterangan Penerima PIP dari sekolah.

Jadi, peserta didik yang terdaftar diminta segera mengaktivasi rekening SimPel paling lambat tanggal 30 Juni 2023 untuk mendapatkan Bansos PIP.

Cara mengaktifkan rekening Simpel PIP Kemdikbud cukup mudah. Calon penerima dapat bank yang menyalurkan dana bantuan PIP.

Selanjutnya, membawa surat keterangan aktivasi rekening SimPel PIP >>

Pos terkait