Dana PIP Kemdikbud 2023 Tahap 2 Kapan Cair? Cek Online Daftar Penerimanya di Sini

Dana PIP Kemdikbud 2023 Tahap 2 Kapan Cair, Cek Online Daftar Penerimanya di Sini
Dana PIP Kemdikbud 2023 Tahap 2 Kapan Cair, Cek Online Daftar Penerimanya di Sini (ilustrasi: Topsumbar.co.id)

Topsumbar – Saat ini, penyaluran dana bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Kemdikbud tengah dinantikan banyak pihak pada bulan Juni 2023.

Tidak sedikit calon penerima yang mempertanyakan kapan dana PIP Kemdikbud tahap 2 tahun 2023 akan cair.

Nah, kabar baik bagi kamu yang sedang menantikan bantuan dari pemerintah ini. Karena dana PIP akan segera dicairkan.

Bacaan Lainnya

Baca juga: 8 Bansos (BLT) Cair Sebelum Idul Adha 28 Juni 2023, Cek Daftarnya di Sini

Kini, peserta didik yang telah ditetapkan dalam SK Nominasi penerima PIP sudah diminta untuk aktivasi rekening sebelum tanggal 30 Juni 2023.

Perihal aktivasi rekening ini disampaikan melalui akun instagram sobatpip 23 Juni 2023, kemarin.

“Peserta didik yang ditetapkan dalam SK Nominasi PIP, wajib melakukan aktivasi rekening di bank pernyalur, BRI (untuk jenjang SD dan SMP), BNI (untuk jenjang SMA dan SMK), BSI (khusus untuk provonsi Aceh)”, tulis akun instagram @sobatPIP (24/06/2023).

Jadi, pengumuman mengenai aktivasi rekening Simpel sebelum tanggal tersebut sudah menjadi angin segar bagi calon penerima yang mempertanyakan jadwal pencairan dana PIP Kemdikbud tahap 2 tahun 2023.

Melansir situs pip.kemdikbud.go.id, PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Berdasarkan data yang diterima, terdapat 6,4 juta peserta didik mulai dari SD, SMP, SMA ataupun SMK sederajat menerima bantuan tersebut.

Lalu, dana yang dialokasikan sebanyak Rp8,2 triliun berdasarkan data pada Februari lalu.

Informasi terbaru menyebutkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa untuk tahun ini data diambil juga melalui data yang bersumber dari BPS.

Berdasarkan peraturan Persesjen Kemdikbudristek Nomor 14 Tahun 2022 tahap pencairan dana PIP tebagi menjadi tiga tahap.

Penyaluran dana PIP tahap 1 (pertama) dilakukan semenjak bulan Februari hingga April 2023. Sementara, dana PIP tahap 2 (kedua) akan cair pada Mei hingga September.

Pos terkait