Bansos PKH Tahap 3 Segera Cair, Berikut Tahapan Mendapatkan dan Jadwal Penyaluran Lengkapnya 2023

Ilustrasi Bansos PKH. (Foto: Dzikri Abdi Setia/Lampungnesia)
Ilustrasi Bansos PKH. (Foto: Dzikri Abdi Setia/Lampungnesia)

Cara Cek Penerima Bansos PKH Tahap 3

Ketika akan mengecek penerima Bansos PKH tahap 3, kamu harus mengetahui Proses Pendaftarannya terlebih dahulu yaitu berupa pendataan diri lengkapmu.

Pastikan bahwa informasi tentangmu sudah di data oleh DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos (Kementrian Sosial), sebagai pemerina yang layak sesuai aturan terkait.

Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan download aplikasi Cek Bansos di Playstore. Kemudian, klik buat akun baru dan isi pendataan diri berupa NIK KTP, KK & nama lengkap.

Bacaan Lainnya

Tambahkan tempat tinggal, mulai dari provinsi, kabupaten/kota serta kelurahan terkait. Lalu, lampirkan foto KTP serta swafoto serta verifikasi akun melalui alamat email yang didaftarkan.

Setelah semua tahapan pendaftaran dilakukan, kembali lah login ke Aplikasi Cek Bansos dan pilih opsi ‘Daftar Usulan’ kemudian input pendataan seperti KK, NIK dan nomor ponsel terkait.

Pilih jenis Bansos yang diinginkan seperti BNPT, PBI JK atau PKH. Terakhir, unggah foto KTP dan foto rumahmu bagian depan serta klik menu ‘Tambah Usulan’.

Jika segala prosedur di atas telah dilakukan, tunggu saja proses penyaluran diberlakukan, baik melalui rekening transfer atau pun mendatangi Kantor Pos hingga bantuan tunai berupa sembako hingga beras.

Baca juga: Update! Info Bansos PKH dan BPNT Juni 2023, Cek Daftar Penerimanya di Sini

Syarat Ketentuan PKH Tahap 3

Uang gratis dari pemerintah tersebut merupakan pembagian dari beberapa kategori berdasarkan para penerima, di antaranya ibu hamil, balita atau usia dini dan para pelajar dari SD-SMA hingga disabilitas.

Selain penyandang disabilitas yang menerima Rp600.000, Anak SMP juga akan mendapatkan sekitar Rp375.000 hingga Pelajar SMA berkesempatan peroleh Rp500.000.

Ibu hamil akan mendapatkan sebesar Rp750.000, kemudian Balita atau anak usia dini memperoleh jatah Rp750.000 dan Siswa SD-setingkat berkesempatan dapatkan Rp225.000.

Itulah proses pendaftaran, cara mengecek dan syarat ketentuan hingga jadwal penyaluran PKH tahap 3 yang disebut akan cair pada bulan depan atau sekitar Juli 2023. Semoga bermanfaat. (fat)

Jika kamu ingin mendapatkan informasi terkait Pinjaman Bank dan Pinjaman Online setiap harinya, silakan bergabung di Grup Telegram Pinjol Penghasil Uang.

 

Pos terkait