Anggota KPU Kabupaten Agam Periode 2023-2028 Resmi Dilantik Oleh Ketua KPU RI

Topsumbar – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam periode 2023-2028 resmi dilantik oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, di Gedung KPU RI, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2023).

Melansir AMCNews, Minggu (18/6/2023), pelantikan ini juga diikuti anggota KPU 26 kabupaten dan kota di tiga provinsi.

Untuk Sumatera Barat (Sumbar) ada sebanyak 75 komisioner berasal dari 15 KPU Kabupaten dan Kota. Pelantikan dilangsungkan setelah KPU RI menetapkan lima komisioner terpilih setiap daerahnya.

Bacaan Lainnya

Pelantikan ini turut dihadiri antara lain oleh, Anggota KPU Parsadaan Harahap, August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Idham Holik, dan Yulianto Sudrajat bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Dari Sumbar dihadiri langsung Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen, dan Sekretaris KPU Sumbar Firman.

Dalam Kesempatan itu Ketua KPU RI, Hasyim Asyari mengatakan, dengan kewenangan KPU yang begitu besar maka harus diikuti dengan menjaga integritas diri dan lembaga. Ia meminta Anggota KPU untuk meningkatkan pengetahuan, aturan kepemiluan.

Selain itu, Hasyim mengingatkan agar segera cepat beradaptasi dan berkoordinasi dengan sesama anggota, sekretariat serta KPU provinsi dan stakeholder. Kemudian yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

“Para anggota KPU kabupaten dan kota harus segera menyesuaikan diri dengan tahapan pemilu yang telah berjalan. Kemudian laksanakan tahapan dengan mempedomani kode etik penyelenggara,” jelasnya sebagaimana dikutip dari rilis yang disampaikan KPU Kabupaten Agam.

Sekretaris KPU Kabupaten Agam Oktadonis yang ikut mendampingi Pelantikan Komisioner KPU Kabupaten Periode 2023-2028 ketika dikonfirmasi Minggu (18/6/2023) mengatakan, pelantikan anggota KPU kabupaten dan kota kemarin berjalan dengan lancar. Komisioner yang dilantik semuanya tampak sangat semangat.

Dikatakannya, Sekretariat KPU Kabupaten Agam sudah sangat siap untuk memfasilitasi anggota KPU Kabupaten Agam periode 2023-2028. Ia berharap nantinya akan terjalin kolaborasi dan kerjasama yang lebih erat lagi dalam mensukseskan tahapan pemilu 2024.

“Kami sangat yakin Komisioner KPU Kabupaten Agam periode 2023-2028 adalah orang-orang terbaik, dari yang baik, dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemilu. Sekretariat siap memfasilitasi dan berkolaborasi,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi dan ikut mendoakan anggota KPU Kabupaten Agam periode 2018- 2023 yang telah melaksanakan tugas-tugas kepemiluan dengan sangat baik.

”Kami doakan bapak anggota KPU Kabupaten Agam periode 2018- 2023 tetap sukses di manapun nanti akan mengabdikan diri,” tutup Oktadonis.

Adapun Anggota KPU dari Provinsi Sumbar yang dilantik berasal dari Kabupaten Kota, yaitu KPU Kabupaten Agam, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, Kabupaten Payakumbuh, dan Kota Solok.

Turut hadir dan mengikuti jalannya pelantikan, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Ketua DKPP Heddy Lugito, Asisten Deputi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Parpol Kemenko Polhukam, Haryadi dan Kepala Pusat HAM Kemenkumham Andi Nurka, serta jajaran pejabat Eselon I dan II Setjen KPU.

Berikut nama lengkap dan Divisi Anggota KPU Kabupaten Agam periode 2023-2028
yang dilantik secara resmi oleh Ketua KPU RI :

Divisi Keuangan Umum dan logistik
Ketua : Herman Susilo,
Wakil : Zainal Fatli

Divisi Perencanaan Data dan Informasi
Ketua : Lizawati Fitri
Wakil : Nining Erlina Fitri

Divisi hukum dan pengawasan
Ketua : Nining Erlina Fitri
Wakil : Herman Susilo

Divisi teknis Penyelenggara
Ketua : Zainal Fatli
Wakil : Zainal Abadi

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM
Ketua : Zainal Abadi
Wakil : Lizawati Fitri

(AL)

Pos terkait