Menparekraf Sandiaga Uno Tiga Kali Ke Sijunjung

Sijunjung | Topsumbar – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk ke-3 kalinya ke Sijunjung pada Sabtu (1/4).

Kunjungan ke-3 ini adalah dalam rangka visitasi Perkampungan Adat Sijunjung sebagai nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si dan Wabup H. Iraddatillah, S.Pt serta Kadisparpora Afrineldi, SH menyambut kedatangan Sandiaga Uno yang Hadir didampingi Uda Wagub Audy Joinaldy serta Kadispar Propinsi Sumbar Luhur Budianda.

Bacaan Lainnya

Perkampungan Adat Sijunjung di Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung berhasil masuk 75 Besar ADWI 2023.

Sandiaga Uno berangkat pukul 11.07 Wib dari Padang Panjang setelah visitasi di Desa Wisata Kubu Gadang.

Kemarin, Jumat (31/3) Sandiaga Uno juga visitasi di Desa Wisata Nyarai, Kabupaten Padang Pariaman.

Sandiaga Uno mengelilingi Perkampungan Adat Sijunjung mengendarai Vespa kemudian menyaksikan atraksi Silat Harimau, melihat souvenir dan ekonomi kreatif lainnya.

Perkampungan Adat Sijunjung “Lorong Waktu Minangkabau” memiliki keunikan sehingga menjadi Desa Wisata.

Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung sudah dikenal akan Bakaua Adat, malamang, Tobo Kongsi dan berjejernya 76 Rumah Gadang dalam satu kawasan.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke-3 ini bertepatan dengan 10 Ramadhan 1444 Hijriyah.

Sedangkan kunjungan ke-2 tahun lalu dilakukan pada Rabu tanggal 6 Juni 2022.

Kunjungan perdana Menparekraf Sandiaga Uno ke Sijunjung yaitu hari Kamis tanggal 22 April 2021 bertepatan juga dengan 10 Ramadhan.

10 Ramadhan adalah berkah bagi bangsa kita, karena Proklamasi pun dikumandangkan pada tanggal tersebut yang bertepatan dengan 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta.

Semoga 10 Ramadhan tahun ini juga berkah untuk Perkampungan Adat Sijunjung.

Perkampungan Adat Sijunjung juga pernah meraih Juara 2 Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

Tahun ini, Perkampungan Adat Sijunjung mengikuti ADWI 2023 pada kategori homestay dan toilet.

Sebanyak 40 unit homestay merupakan Rumah Gadang dan wisatawan dapat berinteraksi disini dengan penghuni rumah.

Tahun lalu, Desa Wisata Silokek pun mengharumkan Sijunjung dengan meraih Juara 3 ADWI 2022.

Menparekraf Sandiaga Uno yang didampingi oleh Pengelola Desa Wisata Perkampungan Adat Sijunjung Candra Irawan Peto Molie dalam wawancara mengatakan “Sebagai bank terbesar di Asia Tenggara, kita berkolaborasi dengan BCA, karena tak bisa hanya berkolaborasi dengan Pemprov dan Pemkab saja mamajukan pariwisata” ungkapnya menjawab pertanyaan pers.

“Pariwisata itu berbasis mobilitas, assesibilitas, atraksi, homestay dan even. Even Bakaua Adat adalah unggulan yang harus kita dukung bersama” lanjut Sandiaga Uno menjawab pers.

“Pak Wagub dan Pak Wabup adalah inspirasi saya yang tetap rukun, kebetulan sama hijau” ujar Sandiaga Uno menjawab wartawan.

Mendengar hal tersebut, Uda Wagub Audy Joinaldy yang berdiri disamping Sandiaga Uno langsung berkomentar “Kita support kabupaten/kota baik di bidang pariwisata maupun pertanian juga”.

“Target kita yaitu pendampingan kepada 250 Desa Wisata sehingga terwujud 4,4 juta lapangan kerja yang akan mendongkrak perekonomian” ujar Sandiaga Uno. (AG)

Pos terkait