Gratis, Daftar Diploma 1 UNP Pembibitan dan Pembesaran Sapi

Sijunjung | Topsumbar – Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof. Arif Satria dan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri serta Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul – Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas Dani Kusworo, S.Pt, M.Si melaunching Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi pada Jumat (14/4) di Padang Mengatas, Kabupaten 50 Kota.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy beserta Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan Bupati 50 Kota Safaruddin turut menyaksikan launching Program Diploma 1 UNP Pembibitan dan Pembesaran Ternak Sapi.

Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Ternak Sapi ini berada dibawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Departemen Agroindustri UNP yang kampusnya terletak di Muaro Sijunjung.

Bacaan Lainnya

“UNP adalah universitas yang sangat progresif” ujar Wagub Sumbar Dr. Audy Joinaldy dalam sambutannya.

“Selain memperoleh ijazah, lulusan nantinya juga memiliki sertifikat kompetensi keahlian” ujar Rektor UNP Prof. Ganefri.

“Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi yang dikembangkan UNP ini dapat menjadi solusi bagi anak-anak muda Kabupaten Sijunjung, apalagi saat ini UNP sudah hadir dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sijunjung” ujar Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menyampaikan sambutan.

Dengan pendidikan selama satu tahun, semester 1 dilaksanakan di Kampus UNP Muaro Sijunjung kemudian semester 2 dilaksanakan di BPTU-HPT Padang Mengatas.

Pendaftaran dibuka pada 10 April dan berakhir pada 29 Juni 2023, demikian disampaikan Kepala Departemen Agroindustri FMIPA UNP
Rini Elisia, S.Pt, MP.

Adapun persyaratannya yaitu tamat SMA/SMK/MA lanjut Rini Elisia, S.Pt, MP.

Menariknya lagi, penerimaan mahasiswa baru Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Ternak Sapi di Departemen Agroindustri FMIPA UNP ini adalah gratis.

Selama perkuliahan, program kerjasama UNP, ICMI dan IPB University ini mempelajari teori Hijauan Pakan Ternak, Manajemen Pastura, Bahan Pakan dan Formulasi Ransum, kemudian Teknologi Pakan Ternak.

Selanjutnya juga belajar teori Ilmu Produksi Ternak Potong, Reproduksi Ternak, Pemuliaan Ternak, serta Evaluasi dan Perencanaan Peternakan.

Untuk magangnya mempelajari Pemeliharaan Ternak, Pakan Ternak, Kesehatan Ternak, Pemuliaan dan Reproduksi, Distribusi dan Pemasaran, serta Sarana dan Prasarana Peternakan. (AG)

Pos terkait