IPK 3,81, Anak Asuh Bupati Agam Jadi Lulusan Terbaik di IPB

Agam | Topsumbar – Keterbatasan ekonomi tidak menyurutkan semangat Roza Kartika untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Dengan keyakinan dan tekad yang bulat, buah hati Bujang Polo dan Wardiati ini sukses meraih gelar sarjana. Bahkan menjadi lulusan terbaik.

Baginya, bisa lulus dengan IPK nyaris sempurna yakni 3,81 di Program Studi Ilmu Gizi, Departemen Gizi Masyarakat di Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah mimpi besar yang terwujud.

Bacaan Lainnya

Melansir laman AMC, Kamis (8/12/2022) Roza bercerita, gelar Sarjana Gizi yang kini melekat di akhir namanya itu tak terlepas dari peran sosok Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM.

Ia mengaku gamang di masa-masa awal dinyatakan diterima sebagai salah satu mahasiswa di IPB. Pasalnya, ketika itu ekonomi keluarganya yang hanya bergantung dari hasil tani dirasa tak mampu memenuhi biaya pendaftaran kuliah.

“Mujurnya ketika itu Pak AWR yang membiayai, bahkan sampai lulus seperti sekarang ini. Kalau tidak karena Pak AWR, mungkin Roza tidak bisa meraih gelar ini,” ujarnya.

Menurutnya, kunci kesuksesan tidak semata-mata bergantung pada materi. Ketika ada kemauan yang kuat, disitu pasti ada jalan.

Roza tidak memungkiri bahwa banyak pelajar yang berpotensi di pendidikan namun terkendala di masalah biaya.

“Harus ada kemauan dulu, jika sudah rezeki kita pasti Allah membuka jalannya. Seperti Roza dipertemukan dengan Pak AWR,” ucapnya.

Remaja asal Tandikek, Kecamatan Ampek Nagari ini memang terbilang berprestasi. Di masa awal kuliahnya, ia berhasil memperoleh IP sempurna yakni 4.0.

Meski kini telah bergelar sarjana, alumni SMAN 1 Bukittinggi ini mengaku masih ingin terus melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Bahkan, ia mengaku tengah mengincar beasiswa LPDP.

Hal itu dilakukan demi mewujudkan mimpinya sebagai seorang dosen sebagaimana sosok ayah asuhnya.

“Namun sembari menunggu beasiswa, Roza mungkin akan mencari pengalaman kerja untuk satu dua tahun kedepan,” sebutnya.

Atas predikat yang kini telah diraih, Roza menyampaikan ucapan terima kasih kepada sosok AWR. Ia berharap, akan banyak generasi muda Agam yang dihantarkan pada mimpi-mimpi besar mereka.

“Roza sangat berterima kasih kepada Pak AWR, teruslah menjadi lilin penerang bagi kami. Jasa beliau tak akan pernah kami lupakan,” ucap Reza.

Secara terpisah, Dr H Andri Warman, MM memberikan ucapan selamat kepada anak asuhnya ini. Ia berharap, gelar yang disandang Roza memberi manfaat bagi kehidupannya kedepan.

“Alhamdulillah Roza telah lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Selamat untuk Roza. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat buat Roza,” ucap bupati.

(AL)

Pos terkait