Tinjau Pasar Raya Padang, Menteri Zulhas dan Buya Mahyeldi Bagi-bagi Sembako

Padang | TopSumbar – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bersama dengan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi dan Walikota Padang Hendri Septa, meninjau Pasar Raya Padang, Senin (8/7/2022).

Di pasar tradisional terbesar dan pusat perdagangan utama di Kota Padang itu, Menteri yang akrab disapa Bang Zulhas ini berkunjung ke lebih dari satu pedagang bahan keperluan pokok (bapok) diantaranya seperti telur, minyak goreng, cabe, dan beras.

Berdasarkan pantauan selama nyaris satu jam, Zulhas menyampaikan, harga barang-barang keperluan pokok terpantau stabil dan lebih dari satu komoditas turun. Hal tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kami ke pasar untuk memantau harga-harga barang keperluan pokok. Saya ucapkan terimakasih terhadap pak walikota dan pak gubernur karena harga di sini relatif stabil bahkan ada yang turun,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan mendapati harga bawang merah Rp30 ribu perkilogram, minyak goreng curah ada di kisaran harga Rp13 ribu sampai Rp14 ribu. Harga cabe merah keriting menurut Mendag udah turun menjadi Rp70 ribu tetapi relatif lebih tinggi dari di daerah lain.

“Bawang merah ternyata tidak mahal sekali disini. Rupanya di Sumatera Barat ini ada daerah sentra bawang, makanya murah. Tapi harga cabe agak lebih tinggi, terkecuali di Jawa udah Rp60 ribu, di sini masih Rp70 ribuan. Mungkkn karena orang Padang suka makan cabe,” ujar Zulhas.

Mendag Zulkifli Hasan menegaskan, Kementerian Perdagangan akan tetap mendorong distribusi minyak goreng alokasi pasar didalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) supaya masyarakat dapat memperoleh minyak goreng bersama dengan harga terjangkau.

Saat peninjauan, Mendag juga beberapakali belanja langsung lebih dari satu bahan pokok seperti minyak goreng, telur dan cabai dan kemudian dibagikan kepada masyarakat pengunjung pasar raya.

Tampak turut hadir didalam peninjauan Kepala Disperindag Sumbar Asben Hendri, Kepala Dinas Pangan, Efendi, Sekda Kota Padang Andree Algamar. (HT)

Pos terkait