Tim Penilai Peduli Wisata Award Kunjungi Agam

Agam | Topsumbar – Tim penilai Peduli Wisata Award (PWA) melakukan kunjungan ke Kabupaten Agam, Selasa (23/8).

Kedatangan tim penilai PWA disambut oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri di Aula Utama Kantor Bupati Agam.

Dilansir Topsumbar.co.id dari siaran pers Diskominfo Agam, Rabu (24/8), disebutkan PWA merupakan bentuk apresiasi pemerintah Provinsi Sumatera Barat terhadap kab/kota dalam pertumbuhan pariwisata dan perkembangan ekonomi kreatif pada kab/kota bersangkutan.

Bacaan Lainnya

Juga disebutkan PWA tahun 2022 yang bakal dihelat di kabupaten Agam, Kabupaten Agam masuk 9 besar untuk 3 kriteria penilaian.

Kepala Disparpora diwakili Kabid Destinasi, Doni Hendra, menyampaikan bahwa tujuan dari PWA yaitu untuk mengukur kepariwisataan di sebuah daerah.

“Terdapat 9 aspek penilaian kepariwisataan, yang pertama aspek komitmen Pemerintah Daerah terhadap Pariwisata yang ada di Kabupaten Agam, dibuktikan dengan keberpihakan anggaran terhadp pariwisata yang ada di Kabupaten Agam,” jelasnya.

Lanjut Doni, aspek penilaian yang kedua yaitu aspek tata pamong meliputi regulasi, kebijakan, dan segala bentuk SK yang mendukung kemajuan pariwisata. Ketiga, aspek lingkungan pariwisata yaitu menciptakan objek wisata yang ramah lingkungan.

“Yang keempat adalah aspek ekonomi pariwisata, maksudnya adalah bagaimana perekonomian di Kabupaten Agam dapat meningkat dengan adanya sektor pariwisata tersebut.” sebutnya.

Kemudian aspek ekonomi kreatif dilihat dari sisi HAKI (Hak Paten) sebuah produk yang dihasilkan sudah sejauh mana penerapnnya di Kabupaten Agam. Lalu aspek pemasaran pariwisata, bagaimana strategi dan kebijakan Kabupaten Agam dalam memasarkan pariwisatanya.

Selanjutnya aspek pemberdayaan masyarakat dimana kab/kota dapat memberdayakan community based tourism dan yang terakhir yaitu aspek desa wisata.

“Kita tidak berbicara tentang objek wisata lagi, tetapi lebih lanjut tentang dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat dari sisi ekonomi kreatif, sehingga terjadinya peningkatan pendapatan pada masyarakat itu sendiri dan peningkatan asli daerah untuk Kabupaten Agam.” ucap Doni Hendra .

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Pariwisata di Kabupaten Agam oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri,SH Dt. Parpatiah.

Dalam pemaparannya, Irwan Fikri berharap semoga Kabupaten Agam dapat menjadi juara 1 pada ajang Peduli WIsata Awards tahun 2022.Visitasi Peduli Wisata Awards Tahun 2022 di Kabupaten Agam.

(AL)

Pos terkait