Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Lintas Riau · 10 Agu 2022 19:32 WIB ·

Opening Ceremony Event Pacu Jalur Sangat Memukau Dengan Pawai Budaya


 Opening Ceremony Event Pacu Jalur Sangat Memukau Dengan Pawai Budaya Perbesar

Kuansing | Topsumbar – Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM membuka secara langsung opening ceremony pekan budaya dan festival pacu jalur event kebudayaan kabupaten Kuantan Singingi di Kuantan Hilir, Baserah, Rabu (10/08/2022).

Hadir dalam kegiatan pembukaan ini, Plt Bupati Kuansing Drs. H Suhardiman Amby, Ak.,MM, Sekretaris Daerak (Sekda) Kuantan Singing (Kuansing) H Dedi Samsudi, SKep.,SKM, MKes, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kuansing yang diwakili Wakapolres Kuansing, Kompol Lilik Surianto, Waka I DPRD Kuansing Zulhendri, SPWK, para Kepala Dinas di lingkup kabupaten Kuansing, Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi, SIP, Camat Kuantan Hilir Seberang, Drs. Sumardi Kail, Lurah, dan para kepala desa se kecamatan Kuantan Hilir dan Kepala Desa se Kecamatan Kuantan Hilir Seberang.

Ketua panitia pekan budaya dan festival pacu jalur event kebudayaan kabupaten Kuantan Singingi di Kuantan Hilir, Wariman, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sudah dua tahun ini masyarakat menunggu pesta rakyat ini karena pandemi, hingga tidak bisa merayakannya, dan pada saat ini penantian yang ditunggu masyarakat sudah sampai, hingga tibalah saatnya masyarakat merayakannya.

“Beda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini event pacu jalur sekarang kita buat dengan konsep Kebudayaan, karna adat istiadat sudah tertinggal dengan perkembangan zaman. Untuk itu, kita buat pacu jalur kali ini dengan Konsep kebudayaan agar anak-anak, cucu, kemenakan kita mengetahui mencintai, dan melestarikan kebudayaan kita ini nantinya,” begitu kata Wariman.

Wariman juga menyampaikan, bahwasanaya dalam giat ini juga ditampilkan kuliner-kuliner masakan ala tradisional yang hal ini adalah masakan kampung (daerah Baserah) kecamatan Kuantan Hilir.

Selain itu juga, dalam giat ini Wariman menyampaikan akan menampilkan festival budaya asli Kuantan, seperti kebudayaan seni festival Randai, Rarak, mantae anak pancae (mengantarkan anak/kemenakan yang akan menempuh hidup baru ke kediaman pasangannya), khatam Quran, dan budaya-budaya lainnya di Kuantan Hilir.

“Kita akan tampilkan Kuliner-Kuliner, budaya daerah, kebudayaan seni seperti Randai, Rarak godang, Mantae anak pancae dan khatam Qur’an, sekali lagi Laman la menanti Topian la menunggu,” kata ketua panitia pekan budaya dan festival pacu jalur event kebudayaan kabupaten Kuantan Singingi di Kuantan Hilir, Wariman.

Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi, SIP dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dari tiga event pacu jalur yang digelar di Kuansing, salah satunya dilaksanakan di Kuantan Hilir.

“Kami ucapakan terima kasih kepada bapak Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, tentunya ini menjadi kebanggan bagi kami masyarakat Kecamatan Kuantan Hilir khususnya Baserah, dan kita akan menjadikan cluster kebudayaan di Kabupaten Kuantan Singingi.” Ujar Camat Jhon Pitte.

Dikatakannya juga, agar nilai tradisi di Kuantan Singingi ini tidak memudar, maka dikemaslah konsep Kebudayaan dalam waktu sepekan, melalui pawai budaya, permainan rakyat tradisional, pegelaran seni dan lain sebagainya.

“Ini sebagai upaya kita bersama memajukan dan membesarkan budaya Kuansing khususnya kecamatan Kuntan Hilir dan Kecamatan Kuantan Hilir Seberang,” ungkap Camat Jhon Pitte menuturkan.

Plt Bupati Kuansing dalam arahannya menyampaikan, akan mengembalikan event pacu jalur ke event aslinya sebagaimana yang sudah dibuat dan dilaksanakan seperti era para leluhur dahulu.

“Festival kebudayaan ini akan kita tampilkan, benar-benar asli budaya kita. Festival akan berlangsung dari tanggal 10 sampai tanggal 17 Agustus seperti dulu, dan akan kita tampilkan Randai, Rarak Godang, kedepan juga akan kita tampilkan togak jago, rumah pawang, olang olang,” kata Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

Di sela peyampaian arahannya, Suhardiman Amby juga menyampaikan, agar mengusahakan pedagang yang berjualan di lapak-lapak orang kampung, asli masyarakat setempat. Untuk tahun depan, lanjut Suhardiman, akan menanggarkan juga untuk kegiatan pacu jalur event kebudayaan di Kuantan Hilir senilai Rp 300 juta, agar pelaksanaannya lebih maksimal.

“Usahakan pedagang yang berjualan dilapak-lapak, masyarakat setempat. InsyaAllah ditahun depan kita akan anggarkan untuk event pacu jalur kebudayaan sebesar 300 juta rupiah, agar pelaksanaan lebih meriah,” demikian Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby menyampaikan.

(Yos)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Hits: 19

Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aktivitas PETI di Wilayah Aliran Sungai Kuantan Desa Pulau Kalimanting Resahkan Masyarakat

1 Oktober 2022 - 17:59 WIB

Polda Riau Musnahkan 243 Kg Sabu dan 405.527 Butir Ekstasi dari Jaringan Narkoba Internasional

29 September 2022 - 17:21 WIB

Bupati Kuansing Suhardiman Inginkan Kerjasama Antar Lembaga Dalam Peningkatan Penanggulangan Bencana

28 September 2022 - 18:25 WIB

DPRD Inhil Melalui Komisi IV Minta RSUD Puri Husada Tembilahan Perbaiki Mutu Pelayanan

27 September 2022 - 21:34 WIB

Lepas Jama’ah Umrah, Wabup Inhil H.Syamsuddin Uti Titip Do’a

27 September 2022 - 14:44 WIB

Pencurian dan Penggelapan Terjadi di Beberapa Titik di Kota Riau

27 September 2022 - 14:22 WIB

Trending di Lintas Riau