Ketua DPRD Sumbar Sambut Kepulangan 14 Atlet Pencak Silat Usai Berlaga di Kejuaraan Internasional

Padang | Topsumbar – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, menyabut kepulangan 14 atlet pencak silat asal Sumbar yang berlaga pada kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (13-17/8/2022).

Pada penyambutan yang terjadi di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (18/8) Supardi mengatakan, torehan para atlet yang mewakili Sumbar pada kejuaraan silat internasional itu lumayan membangaakan, pada kategori dewasa turunkan empat pesilat, Aulia Revini sukses meraih medali emas, untuk tiga lainya perunggu.

Pada kategori remaja, Sumbar turunkan 10 pesilat, tiga  diantaranya meraih perak atas nama Zahara Putri  Chelalsea Calista dan Iqbal, untuk tujuh lainya meraih perunggu. Jadi secara keseluruhan Sumbar meraih satu emas tiga perak dan 10 perunggu.

Bacaan Lainnya

“Ada 804 atlet pencak silat dari beberapa negara beradu pada sejumlah kelas pertandingan untuk jadi yang terbaik. Dengan atlet kita meraih 14 medali, artinya ini sesuatu pencapaian yang bagus dan harus kita apresiasi,”katanya

Supardi yang terhitung ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar mengatakan, untuk lebih meningkatkan prestasi cabang olahraga pencak silat Sumbar, sebetulnya punya tantangan yang tidak mudah. Pengurus harus laksanakan pendataan ulang  serta laksanakan rekrutmen calon atlet pada tingkat dewasa, remaja sampai pelajar. Para calon atlet yang nantinya dapat direkrut, diproyeksikan sanggup membela Sumbar pada sejumlah kejuaran, tidak benar satunya PON.

Dia menjelaskan meski sumber pendanaan IPSI belum lumayan kuat, pengurus berkomitmen untuk mengimbuhkan suntikan stimulus melalui bermacam penghargaan, seperti mengimbuhkan ongkos pendidikan bagi atlet yang menampung  jenjang  perkuliahan sampai selesai.

“Untuk sekarang pendanaan IPSI Sumbar fokus pada sektor pembinaan jangka panjang menciptakan atlet yang berkualitas, tapi penghargaan pada pesilat berprestasi terhitung senantiasa diusahakan,”katanya.

Dia meminta, atlet silat Sumbar konsisten meningkat prestasi pada persaingan daerah, nasional sampai Internasional. Buktikan bahwa Ranah Minang merupakan gudang pesilat-pesilat handal.

Ketua DPRD Sumbar Supardi sementara menyambut para atlet didampingi oleh Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumbar Dedi Diantolani serta jajaran pengurus IPSI Sumbar tidak benar satunya Ismunandi Syofyan.

Sementara pelatih kepala Kontingen IPSI Sumbar pada persaingan Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 Hendri mengatakan, ajang ini diikuti 804 pesilat berasal dari bermacam negara seperti Malaysia, Thailand, Jepang sampai Vietnam, ini merupakan agenda tahunan PB-IPSI yang diselenggarakan untuk peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.

“Ratusan pesilat yang ambil bagian berasal dari persaingan ini merupakan atlet profesional, meski demikianlah kontingen IPSI Sumbar senantiasa sanggup mendulang medali,”katanya.

Dia menjelaskan sepanjang persaingan berlangsung, semua atlet didalam keadaan bagus dan sehat, kepedulian Ketua IPSI Sumbar yang udah memfasilitasi akomodasi kontingen seperti transportasi, penginapan, uang saku sampai bonus pantas diapresiasi.

“Diharapkan program-program Ketua didalam memotivasi atlet sanggup terealisasikan dengan optimal,”katanya.

Berikut nama-nama pesilat yang mewakili Sumbar International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022, pada kategori dewasa ada empat orang yakni Yuni Utari, Aulia Revni, Roby Adwarman dan Fauzan, Pada kategori Remaja Zahara Putri,Chealsea Calista, Fadila Putri, Bunga Sri Rahayu, Ciko, Aisyi, Zahara Fadli, Iqbal ,Nabel, M Wahid Azmi. Adapun pelatih yang mendampingi Atlet bertanding adalah Hendri dan Atrimon.

(HT)

 

Dapatkan update berita pilihan seputar Sumatera Barat hari ini dari Topsumbar.co.id. Mari bergabung di Grup Whatsapp “TOPSUMBAR|Media Online”, caranya klik link https://chat.whatsapp.com/HIjz25fqv3j6AguRPbSoeT, kemudian join. Anda harus install aplikasi Whatsapp terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait