Gempabumi 4,4 M Guncang Kota Padang, Ini Analisa BMKG

Padang | Topsumbar – Gempabumi guncang kota Padang, Sumatera Barat, Senin (22/8) sore. Guncangan gempabumi yang berlangsung sepersekian detik itu mengejutkan warga.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Padang Panjang, disebutkan gempa yang guncang kota Padang merupakan gempa tektonik.

“Pada pukul 16:26:54 WIB ini telah terjadi gempa tektonik di Padang, Sumbar dengan parameter gempa bumi kekuatan maghnitudo M=4.4,” ujar kepala stasiun Geofisika Padang Panjang, Dr. Suaidi Ahadi, ST, MT melalui keterangan tertulisnya juga diterima Topsumbar.co.id.

Bacaan Lainnya

Ia menerangkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.12 LS dan 100.30 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada 21 km BaratDaya Padang, Sumbar pada kedalaman 44 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar,” terangnya.

Lanjut Suaidi, guncangan gempabumi ini dirasakan di Padang dan Pesisir Selatan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

“Sampai dengan pukul 17:45 WIB belum tercatat adanya gempabumi susulan,” sambungnya.

Kemudian sebut Suaidi, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” himbaunya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” pungkasnya.

(AL)

Pos terkait