Menu

Mode Gelap
Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, Kejari Sijunjung Gelar Jalan Santai Unit Kerja Kantor Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Sutan Riska : Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah Padang Kembali Cari Wali Kota Cilik Bersama Mentari Meraih Mimpi Menuju Indonesia Emas 2045 Wagub Sumbar: Pelaku UMKM Harus Go Digital Untuk Hadapi Tantangan Global

Padang Panjang · 8 Des 2021 17:56 WIB ·

Wamendag: Sertifikat SNI Bukti Pasar Telah Terapkan SNI Pasar Rakyat Secara Konsisten


 Wamendag: Sertifikat SNI Bukti Pasar Telah Terapkan SNI Pasar Rakyat Secara Konsisten Perbesar

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Dr. Jerry Sambuaga mengatakan, pemberian Sertifikat SNI Pasar rakyat merupakan bukti bahwa pasar telah menerapkan SNI Pasar Rakyat secara konsisten.

“Saya sangat mengapresiasi, khususnya Pemerintah Kota Padang Panjang yang dalam hal ini menjadi tuan rumah pada acara Penganugerahan SNI Pasar Rakyat tahun ini. Serta Pemerintah Kabupaten/Kota yang turut menerima Sertifikat SNI Pasar Rakyat dan telah mendukung kegiatan pendampingan pasar rakyat di wilayahnya,” kata Wamendag Jerry saat acara Penganugerahan SNI Pasar Rakyat di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Padang Panjang, Rabu (8/12).

Jerry mengungkapkan, pasar rakyat merupakan pilar penting dalam sistem perdagangan nasional, yang menjadi sarana penggerak ekonomi kerakyatan. Salah satu strategi Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional 2021 adalah penguatan pasar dalam negeri melalui pembangunan/revitalisasi pasar rakyat.

“Komitmen dari Pemerintah Daerah, pengelola dan pedagang pasar, sangat diperlukan untuk menjaga konsistensi mutu pasar secara berkelanjutan. Sehingga dapat menjadi contoh bagi pasar dan daerah lain untuk menerapkan SNI Pasar rakyat,” ungkapnya.

Di samping itu, katanya lagi, peran pasar rakyat bagi perekonomian sangatlah penting. Pasar berperan sebagai salah satu sarana distribusi yang utama untuk barang kebutuhan pokok. Selain itu harga barang yang diperdagangkan di pasar juga menjadi acuan dalam pengukuran inflasi.

“Melalui penerapan SNI Pasar Rakyat, diharapkan manajemen pengelolaan pasar rakyat lebih profesional. Sehingga dapat memberikan kenyamanan pengunjung pasar dan meningkatkan daya saing yang dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional,” ucap Jerry.

Untuk tahun 2021, terdapat tujuh pasar yang telah memenuhi persyaratan mendapatkan Sertifikat SNI Pasar Rakyat. Di antaranya Pasar Pusat Padang Panjang, Pasar Bauntung Banjarbaru, Pasar Gantung Belitung Timur, Pasar Paddy’s Market Kendari, Pasar Gentan Sleman, Pasar Cisalak Depok dan Pasar Gunung Batu Bogor. Dengan demikian, jumlah pasar yang telah memperoleh Sertifikat SNI Pasar Rakyat sampai dengan tahun 2021 yaitu 53 pasar di 14 provinsi.

“Jumlah tersebut masih sangat sedikit dibandingkan dengan 5.491 pasar yang dibangun dan direvitalisasi oleh Kemendag selama periode 2015-2020. Secara total, jumlah pasar rakyat di seluruh Indonesia sebanyak 16.175 pasar (BPS, 2020). Hal ini merupakan tantangan ke depan untuk mendorong penerapan SNI Pasar Rakyat secara merata di seluruh Indonesia,” lanjut Jerry.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemko Padang Panjang dan Pemprov Sumatera Barat sehingga kegiatan Penganugerahan SNI Pasar Rakyat dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Terakhir, saya mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mewujudkan pasar rakyat di Indonesia yang memiliki daya saing dan pengelolaan yang profesional. Sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi nasional yang berlandaskan ekonomi kerakyatan menuju Indonesia Maju,” tutupnya.

(AL/R)

Hits: 0

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Penanganan Pasar Koto Baru, Kapolres Padang Panjang Harapkan Keterlibatan Seluruh Pihak Sesuai Tupoksi

5 Oktober 2022 - 15:44 WIB

SMP Hikmah Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dihadiri Walikota dan Penceramah Dari Universitas Al-Azhar Mesir

4 Oktober 2022 - 15:18 WIB

Jelang Operasi Zebra Singgalang 2022, Ini Himbauan Kasatlantas Polres Padang Panjang

2 Oktober 2022 - 21:19 WIB

Perkumpulan Makrame Kreatif Mandiri Kota Padang Panjang Pamerkan Karya Worshop

1 Oktober 2022 - 22:47 WIB

Pagi Tadi Gempa bumi Dirasakan di Padang Panjang, Ini Analisa BMKG

30 September 2022 - 12:08 WIB

RT 13 Silaing Bawah Dikunjungi Tim Penilai Kampung Pancasila Dari Kodim 0307/Tanah Datar

29 September 2022 - 21:54 WIB

Trending di Padang Panjang