KI Sumbar Lakukan Visitasi ke PPID Utama Padang Panjang

Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) Utama Kota Padang Panjang, Selasa (9/11).

Kunjungan yang dilakukan dalam rangka Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 itu, bagian dari kunjungan ke kabupaten/kota yang masuk nominasi lima besar dalam keterbukaan informasi badan publik kategori PPID Utama. Selain Padang Panjang, juga dinilai Kota Bukittinggi, Kota Pariaman, Kabupaten Solok Selatan dan Pesisir Selatan untuk kategori ini.

Rombongan terdiri dari Wakil Ketua KI Sumbar, Adrian Tuswandi, Komisioner Tanti Endang Lestari, serta Asisten Ahli, Reza dan Harist Islami.

Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si yang menyambut rombongan di ruangan kerjanya mengatakan, keterbukaan informasi badan publik tahun sekarang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini (Padang Panjang) sudah lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya Command Center dengan pelayanan Call Center 112, PSC 119 untuk kesehatan, serta adanya poster anggaran di setiap OPD. Semoga ini bisa membawa Kota Padang Panjang mendapatkan nilai terbaik,” tuturnya.

Selanjutnya Tim Visitasi melakukan kunjungan ke PPID Utama, Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) untuk melakukan penilaian dalam pelayanan dan pelaksanaan informasi publik, serta bagaimana praktek yang sudah dilakukan.

Dengan pemeriksaan dokumen-dokumen, melakukan uji akses kepada operator PPID, Adrian Tuswandi menyebutkan PPID Utama Padang Panjang telah memperlihatkan progres terus menerus.

“Tahun lalu, PPID Utama Padang Panjang baru diperingkat “Menuju Informatif” dan kita berharap bisa naik ke peringkat “Informatif” yang mana ini merupakan peringkat tertinggi untuk keterbukaan infomasi badan publik,” katanya.

Ia juga mengatakan ada beberapa yang harus dibenahi walaupun sudah banyak kemajuan, seperti kolaborasi bersama PPID pembantu.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Nofi Yanti, S.STP, MM yang turut hadir saat Tim Visitasi ke PPID Utama berharap semoga bisa memberikan hasil yang terbaik dan bisa menjadi juara di Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dapat pelaksanaan keterbukaan informasi badan publik ini, yang sudah bekerja keras dengan masuknya Kota Padang Panjang sebagai nominator lima besar.

“Semoga kerja keras kita bisa memberikan hasil yang baik. Karena kita sudah banyak kemajuan dari sebelumnya,” tutupnya.

(AL)

Pos terkait