Pemkab Tanah Datar Bantu Panti Asuhan, Penyandang Disabilitas dan Lansia

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen didampingi Kadis Sosial Yuhardi menyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial dari APBD Tanah Datar Tahun 2021, Jum’at (27/08/2021) di Indojolito Batusangkar.

Suhermen menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Tanah Datar. “Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi pengurus Panti Asuhan yang peduli dan membaktikan diri demi kemajuan dan keberhasilan anak asuhnya dan juga Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang telah lakukan tugasnya dengan baik, selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam wujudkan kesejahteraan di tengah masyarakat,” katanya.

“Semoga dedikasi dan bhakti Bapak ibuk semua menjadi amal ibadah dan diberkahi pahala oleh Allah SWT,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Disebutkan Suhermen lagi, dalam kondisi negara dan daerah yang terdampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar masih bisa menganggarkan dan merealisasikan bantuan sosial.

“Alhamdulillah, di tengah dampak akibat pandemi Covid-19 yang saat ini melanda, anggaran bantuan sosial ini masih bisa kita lakukan, dan khusus untuk bantuan Panti Asuhan, Tanah Datar menjadi satu-satunya di Sumbar yang menganggarkan bantuan ini,” ujarnya.

Anggaran tahun 2021, ujar Suhermen lagi, lebih kurang Rp2,3 Milyar dan tahun 2022 pemberian bantuan sosial ini tetap dianggarkan. “Bantuan untuk panti asuhan digunakan untuk biaya operasional, seperti konsumsi, peralatan dan transportasi ada Rp1.179.300.000, sedangkan bantuan untuk penyandang disabilitas sebesar Rp501.000.000, serta bantuan untuk lansia sebesar Rp671.200.000,” terangnya.

Diakhir penyampaian Bupati melalui sambutan diungkapkan Suhermen berharap kepada penerima bantuan untuk memanfaatkan sesuai kebutuhan dan skala prioritas.

“Bantuan ini sangat penting, karena dinilai bisa turut menunjang membantu pemenuhan kebutuhan dasar penerima, karenanya manfaatkanlah sebaik-baiknya,” tukasnya.

Sementara itu Kadis Sosial Yuhardi menyampaikan hal sama, yakni Tanah Datar menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang menganggarkan bantuan untuk panti asuhan.

“Program bantuan untuk panti asuhan sudah kita laksanakan beberapa tahun terakhir, Alhamdulillah, setelah diperiksa BPK dinyatakan tak masalah,” ungkap Yuhardi.

Diungkapkan Yuhardi, tahun 2021 ada 12 Panti Asuhan se-Tanah Datar dengan anak asuk 354 orang, untuk penyandang disabilitas ada 167 orang dan bantuan Lanjut Usia sebanyak 263 orang.

(AL)

Pos terkait